Sinergi BAZNAS dan BCA Syariah Tingkatkan Usaha Mustahik melalui Bantuan Modal Usaha

JagatBisnis.com –  Omzet pelaku usaha Pempek binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS, Saliman (48) terus mengalami peningkatan. Saliman yang berlokasi di Pasar Baru, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, berujar hasl positif itu tak lepas dari bantuan modal usaha kerjasama BAZNAS dengan BCA Syariah berupa gerobak dan bahan baku usaha.

Saliman kini sudah mulai menjalankan usaha pempek Palembang yang ia lakoni sejak 10 tahun lalu dengan gerobak barunya, dengan jam berjualan mulai pukul 11.00 WIB hingga jelang maghrib.

“Saya merasakan semangat baru untuk berjualan karena adanya gerobak ini, saya memang sudah lama ingin memiliki gerobak lagi, agar istri saya dapat membuka cabang usaha pempek.

Alhamdulillah keinginan saya itu terwujud, jadi sekarang saya berjualan pakai gerobak dari BCA Syariah dan BAZNAS, istri saya pakai gerobak yang lama berjualan pempek di dekat rumah,” ujar Saliman.

“Awal saya jualan pakai gerobak ini, konsumen saya pada bingung ini pempek saya apa bukan, soalnya gerobaknya beda. Tapi mereka jadi ikut senang saya bisa punya gerobak baru jadi lebih terlihat bersih dan makin terjamin kehigienisannya,” sambung Saliman.

“Saya sehari bisa dapat omzet Rp200.000-Rp250.000 dan istri saya biasanya sebesar Rp100.000-Rp150.000 per hari. Alhamdulillah bisa bertambah dari sebelum adanya bantuan gerobak ini,” tutup Saliman.

Saliman terbiasa untuk mengolah adonan pempek racikannya sendiri yang terdiri dari beberapa bahan seperti sagu, telur dan campuran ikan tenggiri dan tuna. Saliman juga menyediakan dua jenis varian pempek seperti pempek isi telor yang ia hargai sebesar Rp3 ribu rupiah dan pempek panjang dengan harga seribu rupiah.

Melalui pendamping program BAZNAS, Saliman diberikan edukasi seputar pencatatan keuangan sederhana melalui aplikasi buku kas, hal ini karena Saliman selama ini belum pernah mencatat berapa omzet per hari dan keuntungan bersih per bulan yang didapat.

Semoga kedepannya Saliman dapat semakin berbenah dalam manajemen keuangan usaha agar peningkatan usaha dapat terealisasi.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button