SIG Ajak Masyarakat Indonesia Melestarikan Bumi dengan Mengumpulkan Karton Minuman Bekas

JagatBisnis.com – Untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, SIG mengajak masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi melestarikan bumi. Salah satunya dengan mengumpulkan dan mendaur ulang karton minuman bekas di sek olah-sekolah dan titik bank sampah. Kegiatan ini merupakan bagian dari roadmap kampanye Way Beyond Good untuk menjadi bisnis net positive.

Head of Market Indonesia, Malaysia, and Philippines, SIG Combibloc, Noer Wellington mengatakan, sebagai bagian dari kampanye Way Beyond Good, pihaknya telah bekerja sama dengan Ultrajaya ‘Thanks to Nature’ Green School Project. Karena pandemi Covid-19, titik pengumpulan karton minuman bekas diubah ke daerah perumahan. Tujuannya, supaya pengumpulannya lebih mudah dan aman untuk masyarakat.

“Kami telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia untuk dapat menjadi perusahaan dengan bisnis net positive. Yaitu, mengembalikan lebih dari yang kami ambil dari lingkungan dan masyarakat,” katanya secara virtual, Jumat (4/6/2021).

Dia menjelaskan, dengan komitmen Way Beyond Good, pihaknya berencana untuk mengurangi separuh dampak lingkungan dan menggandakan kontribusi positifnya kepada masyarakat pada tahun 2030. Karena pada saat itu, semua bahan baku yang masuk ke kemasan SIG akan berasal dari sumber yang bertanggung jawab, dan solusi pengemasan yang dimilikinya akan menjadi yang paling sustainable (berkelanjutan) di pasar.

“Makanya, kami mengajak masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kampanye ini. Sehingga dapat menciptakan bumi yang lebih hijau. Apalagi, banyak kegiatan yang bisa dilakukan sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari, seperti memilah dan mengumpulkan kemasan karton bekas di titik pengambilan terdekat,” ungkapnya.

Dia memaparkan, untuk menyukseskan kampanye ini, sekarang pihaknya sedang berkolaborasi dengan Frisian Flag Indonesia untuk mengumpulkan karton susu bekas di beberapa supermarket. Selain itu, mengumpulkan dan mendaur ulang sampah kemasan karton bekas di pabrik milik Sambu Group.

“Kami juga bekerja sama dengan Armada Kemasan dalam mengumpulkan dan mendaur ulang kemasan karton bekas di titik pengambilan yang sudah ditentukan,” bebernya.

Sementara itu, Corporate Communication Manager, Sambu Group, Dwianto Arif menambahkan,  salah satu prinsip dan nilai yang diyakininya adalah tentang keberlanjutan. Karena pihaknya, percaya pada pendekatan yang berkelanjutan dan seimbang untuk mendukung visi dan tujuan perusahaan.

“Kami juga percaya pada keberlanjutan lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi dalam mewujudkan visi dan tujuan perusahaan. Karena kami selalu mendukung setiap inisiatif yang mengupayakan pengelolaan lingkungan yang baik. Termasuk kegiatan Way Beyond Good SIG dalam mengelola limbah kemasan dari sisa produksi,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Managing Director PT Armada Kemasan Nusantara, Arnold Abdi menyatakan, sebagai perusahaan peduli lingkungan, pihaknya sangat mendukung kegiatan kampanye ini untuk mengumpulkan karton minuman bekas yang kemudian di daur ulang.

“Kami telah bekerja sama dengan SIG sejak tahun 2015 dan saat ini kami masih terus bekerjasama bersama dalam mengumpulkan karton kemasan bekas. Kami berharap kerja sama baik ini bisa terus berlanjut dalam upaya untuk menciptakan bumi yang lebih hijau,” tutup Arnold. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button