Sergap Mafia Besar-besaran, Polisi Italia-Spanyol Sukses Bekuk 106 Orang

JagatBisnis.com – Polisi Spanyol dan Italia pada Senin memublikasikan penahanan 106 orang yang tercampur dalam sebuah kelompok yang diduga melakukan pencucian uang untuk kelompok mafia dan menciptakan jutaan euro melalui pembohongan daring.

Beberapa besar orang yang dicurigai sebagai anggota kelompok pencucian uang itu merupakan masyarakat Italia, dan beberapa besar penahanan terjadi di pulau Tenerife yang ialah bagian dari kepulauan Canary Spanyol, tutur badan spesial penindakan kejahatan Uni Eropa, Europol, dalam sebuah statment.

Bagi kepolisian Italia, para terdakwa membodohi korbannya, yang pula beberapa besar orang Italia, supaya mengirimkan sejumlah besar uang ke sejumlah rekening bank di Spanyol yang dikendalikan oleh kelompok pembohong itu.

Uang hasil pembohongan itu setelah itu dicuci melalui pembelian mata uang kripto( cryptocurrency) ataupun diinvestasikan kembali dalam kegiatan kriminal yang lain semacam pelacuran, perdagangan narkotika ataupun senjata.

Kelompok itu menciptakan profit sekitar 10 juta euro( sekitar Rp166, 94 miliyar) pada 2020, tutur Europol.

Anggota badan kriminal itu, yang kerap menggunakan kekerasan untuk mengintimidasi korban dan memeras uang dari golongan bidang usaha dan orang, telah menjalar berbagai zona di tengah warga Spanyol, termasuk bank dan perusahaan hukum, tutur kepolisian nasional Spanyol.

Selama pembedahan penahanan kelompok pembohongan itu, para aparat kepolisian Spanyol dan Italia membekukan 118 rekening bank dan mengambil 224 kartu kredit dan satu perkebunan ganja.

Sebesar 20 orang dari mereka yang dibekuk dikirim ke bui sembari menunggu pelacakan yudisial, ialah 18 orang di Spanyol dan 2 orang di Italia, tutur polisi Spanyol.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button