Sejumlah Bangunan di Blitar Rusak akibat Diguncang Gempa

JagatBisnis.com – Guncangan alam dengan magnitudo 6, 2 mengguncang wilayah tenggara Kabupaten Blitar, pada Jumat, (21/5/2021) sekitar jam 19. 09 Wib

Kejadian alam itu membuat sejumlah gedung di Kabupaten Blitar mengalami kerusakan. Salah satunya merupakan Puskesmas Wates, Kabupaten Blitar. Sebagian ruangan temboknya retak dan langit- langit pula jatuh.

” Puskesmas Wates, karena lokasinya sangat selatan dan dekat dengan pusat guncangan. Tidak hanya itu, pula dekat dengan tepi laut. Jika kehancurannya kita masukkan jenis sedang,” tutur Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar dokter Christine Indrawati Jumat, 21 Mei 2021

Beliau mengatakan bagian yang mengalami kerusakan di antara lain merupakan bagian berbahaya gawat( Unit gawat darurat) dan ruang bermalam di puskesmas itu. Di ruang Unit gawat darurat, langit- langit di pinggir tembok gugur. Tidak hanya itu, pula ada rekahan.

Beliau mengatakan saat peristiwa di puskesmas itu sedang tidak terdapat penderita, alhasil tidak terdapat yang jadi korban cedera. Rencananya, sembari menunggu koreksi untuk ruang cek biasa masih akan difungsikan untuk melayani warga, sedangkan yang ruang Unit gawat darurat dan ruang jaga bermalam menunggu koreksi.

Dirinya pula masih menunggu petunjuk dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar yang meninjau langsung posisi kerusakan di Puskesmas Wates dengan Bupati, karena untuk Jumat pula ada agenda vaksinasi COVID- 19 di puskesmas itu.

” Terkait dia( Kadinkes Kabupaten Blitar dan Bupati Blitar) untuk esok. Kan cocok vaksinasi tetapi di laman,” tutur ia.

Tidak hanya puskesmas, sebagian rumah masyarakat pula dikabarkan mengalami kerusakan. Sebagian kerusakan itu gedung di Kecamatan Selopuro, Wonotirto sampai Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Tetapi, sampai saat ini BPBD Kabupaten Blitar masih membukukan kerusakan itu.

” Kita cek dahulu bukti informasinya,” tutur Kepala Badan Penyelesaian Musibah Wilayah( BPBD) Kabupaten Blitar Achmad Cholik.

Guncangan berkemampuan magnitudo 6, 2 mengguncang wilayah tenggara Kabupaten Blitar, pada Jumat sekitar jam 19. 09 Wib.

Bagi informasi Badan Meteorologi, Ilmu cuaca dan Geofisika( BMKG) episentrum guncangan terletak di 8, 63 Lintang Selatan, 112, 34 Panjang Timur, sepanjang 57 kilometer Tenggara dari Kabupaten Blitar dengan daya 110 kilometer.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button