Sebagian Wilayah Indonesia Potensi Hujan Lebat

JagatBisnis.com – Hujan rimbun diprediksi akan mengguyur beberapa wilayah Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan pada Kamis 29 April 2021.

Badan Meteorologi, Ilmu cuaca, dan Geofisika (BMKG), menyampaikan hujan rimbun dengan curah hujan lebih dari 55 mm per hari berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan pula mengalami kemampuan hujan rimbun.

Di bagiantengah dan timur wilayah Indonesia, hujan rimbun diprakirakan bisa terjadi di Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Maluku.

Sementara itu, wilayah yang berpotensi mengalami hujan diiringi cepat dan petir mencakup Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Papua.

BMKG mengimbau hal resiko banjir dampak hujan rimbun di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, D. I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Bagi BMKG, terdapat perputaran siklonikdi Laut Arafuru bagian barat yang membuat wilayah perlambatan kecekatan angin ataupun konvergensi yang memanjang di Laut Timor sampai perairan Kepulauan Tanimbar.

Situasi itu berpotensi tingkatkan perkembangan awan hujan di sekitar wilayah siklonik dan di sejauh wilayah konvergensi.

BMKG juga memantau wilayah konvergensi yang memanjang dari Bengkulu bagian utara sampai Aceh bagian selatan, di sejauh Laut Natuna, wilayah Kalimantan bagian timur, dan perairan timur Sulawesi Tengah. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button