Sandiaga Diyakini Mampu Majukan Industri Pariwisata Indonesia

jagatBisnis.com – Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menilai ditunjuknya Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) adalah keputusan yang tepat.

Meski belum memiliki pengalaman khusus di bidang pariwisata, kata Yusuf, Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu bakalan mampu menjalankan kebijakan untuk memajukan pariwisata Indonesia di kemudian hari.

“Pengalaman beliau sebagai seorang pengusaha sudah sangat banyak. Hal itu bisa menjadi modal bagus ketika menjalankan kebijakan untuk memajukan pariwisata di Tanah Air,” kata Yusuf saat dihubungi, Rabu (23/12/2020).

Kendati demikian, terkait apakah penunjukkan Sandiaga serta merta membuat industri pariwisata membaik pascapandemi, ia belum bisa menjawab. Kesuksesan industri pariwisata pascapandemi akan ditentukan oleh faktor lain, terutama kepercayaan wisatawan.

Dengan tingginya kasus Covid-19 di Indonesia, tentu bukan pekerjaan mudah menyakinkan para wisatawan, terutama wisatawan asing, terhadap keselematan berkunjung ke Indonesia pascapandemi.

Hal lain yang juga ikut mempengaruhi, kata Yusuf, yakni bagaimana persiapan infrastruktur pendukung di objek wisata, terutama misalnya di 10 destinasi wisata baru di Indonesia. Dalam konteks ini, kebijakan pariwisata tidak bisa dijalankan sendiri oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Bagaimana kolaborasi dari Pak Sandiaga sebagai Menparekraf dengan pihak lain, yang menarik untuk ditunggu,” kata dia.

Di hari yang sama, Sandiaga dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Menurut Sandiaga, menjadi Menparekraf adalah amanah dan sebuah tanggung jawab besar dari presiden.

Ia berharap, Kemenparekraf di bawah pimpinannya dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini sedang terpuruk imbas pandemi.

“Mohon doa, dukungan, dan juga kolaborasi dari seluruh masyarakat agar kami dapat membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Agar peluang usaha dan lapangan kerja semakin banyak tercipta,” ucap Sandiaga.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button