Samsung Resmi Rilis Galaxy A52, A52 5G dan A72

JagatBisnis.com – Samsung secara resmi merilis Galaxy A52, A52 5G dan A72. Jajaran Samsung Galaxy A Series terbaru ini memberikan pengguna kemampuan untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri dengan camera yang canggih, memanjakan diri pengguna dengan pengalaman menonton yang imersif dengan scrolling display yang smooth, dan menambah ketenangan hati Anda dengan fitur inovatif Galaxy Foundation seperti water-resistance dan baterai yang tahan lama.

“Samsung senantiasa berupaya untuk memberikan perangkat yang konsumen inginkan dan perlukan. Oleh karena itu kami memberikan visi melalui Galaxy A Series untuk mendemokrasikan inovasi Galaxy untuk semua orang,” kata Dr. TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics dalam keterangan resmi.

Jajaran smartphone terbaru Samsung ini membawa spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang menarik. Ketiga Galaxy A series ini melepas image ponsel kelas menengah Samsung yang sebelumnya dianggap mahal untuk spesifikasi yang diusungnya.

Meski memiliki nama model berbeda, ada sejumlah fitur anyar yang seragam diadopsi oleh seluruh perangkat Galaxy A teranyar ini. Salah satunya adalah layar berjenis Super AMOLED yang memiliki refresh rate 90 Hz dan touch responsive rate mencapai 180 Hz.

Khusus untuk Galaxy A52 5G, layarnya memiliki refresh rate 120 Hz. Layar Super AMOLED sendiri sebenarnya sudah sempat hadir di sejumlah model Galaxy A Series, seperti Galaxy A31, A51, dan A71. Hanya saja, ini merupakan pertama kalinya Samsung menghadirkan refresh rate 90 Hz dan 120 Hz ke keluarga Galaxy A Series.

Masih di aspek display, layar Galaxy A52, A52 5G, dan A72 juga sudah dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5 dan memiliki tingkat kecerahan hingga 800 nits yang diklaim tetap cerah meski di bawah terik sinar matahari. Selain layar, seluruh ponsel Galaxy A terbaru ini juga sama-sama dibekali dengan fitur NFC untuk kemudahan pengisian saldo uang elektronik (e-money), serta sudah memiliki sertifikat tingkat ketahanan air dan debu IP67.

Samsung Galaxy A52 & A52 5G

Ukuran layar Galaxy A52 sedikit lebih besar dibanding A32, yakni 6,5 inci, namun resolusinya tetap sama (Full HD Plus). Bagian tengah atas layarnya sendiri dilengkapi dengan lubang kamera (Infinity-O) yang memuat kamera dengan resolusi 32 MP (f/2.2) untuk berswafoto ria.

Masih soal kamera, jumlah kamera belakang Galaxy A52 juga sama-sama ada empat. Hanya saja, keempat kamera tersebut kini ditampung dalam sebuah modul persegi.

Konfigurasi keempat kamera di ponsel ini sendiri nyaris identik dengan Galaxy A32. Perbedaan hanya terletak di kamera utama yang kini dibekali dengan penstabil gambar optis (OIS) serta kamera ultrawide yang resolusinya ditingkatkan menjadi 12 MP (f/2.2).

Sedangkan untuk aspek hardware, ponsel ini dipersenjatai dengan System-on-Chip (SoC) Snapdragon 720G dengan dua opsi RAM 6/8 GB, dua opsi memori internal (128/256 GB), dan baterai 4.500 mAh yang mendukung fast charging 25 watt.

Adapun desain dan spesifikasi Galaxy A52 5G sendiri sama persis dengan versi “reguler”. Perbedaan hanya terletak di dukungan 5G dan refresh rate 120 Hz tadi.

Samsung Galaxy A72

Sebagai model teratas, layar Galaxy A72 lebih besar dibanding dua “saudaranya” dengan ukuran 6,7 inci (resolusi Full HD Plus). Meski demikian, ponsel ini turut mengadopsi desain Infinity-O yang memuat kamera selfie 32 MP (f/2.2), sama seperti Galaxy A52. Bearlih ke bagian punggung, konfigurasi kamera belakang sendiri sedikit berbeda dengan Galaxy A32 dan A52.

Di Galaxy A72, kamera depth sensor digantikan dengan kamera telefoto 8 MP (f/2.4, OIS) yang sudah dilengkapi dengan fitur optical zoom hingga 3x dan SpaceZoom hingga 30x. Adapun ketiga kamera belakang lainnya pada ponsel tersebut memiliki kemampuan yang sama persis dengan Galaxy A52, begitu juga SoC serta konfigurasi memori yang diusung. Perbedaan di sisi hardware terletak di kapasitas baterai, yakni 5.000 mAh. Kendati demikian, kecepatan pengisian yang didukung ponsel ini tetap sama, yakni 25 watt.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button