Role Model, Panutan dan Inspirasi Dalam Bekerja

JagatBisnis.com –  Kepemimpinan merupakan hal paling fundamental dalam organisasi atau suatu lembaga. Peran seorang leader adalah memimpin semua sumber daya manusia yang ada di dalam unit kerjanya, sehingga dapat dikatakan bahwa maju tidaknya suatu organisasi terletak dari peran pemimpinnya. Selain itu, pemimpin dapat juga menjadi role model bagi setiap jajarannya. Gerak geriknya ditiru dan dapat menjadi inspirasi bagi setiap jajarannya.

Role model bukan hanya satu sosok saja, melainkan juga kumpulan dari beberapa karakter orang sukses yang sesuai dengan pribadi yang kita harapkan “ingin menjadi” di masa depan. Setiap tokoh yang menjadi role model hendaknya memiliki Nilai-Nilai Ketuhanan/Spiritualitas, Nilai Moralitas, Nilai Profesionalitas, serta etika.

Role model merupakan salah satu dari tiga variabel kepemimpinan. Kedua variabel lainnya adalah change leader dan coach leader. “ Role model itu artinya model kepemimpinan yang menyatakan bahwa suatu pemimpin dapat menjadi contoh atau suri teladan bagi para bawahannya. Change leader adalah model kepemimpinan sebagai agen perubahan atau change leader. Sedangkan untuk coach leader merupakan model kepemimpinan sebagai pembimbing yang harus dapat melakukan koreksi sekaligus memberikan solusi,” kata Staf Khusus Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hary Sudwijanto saat memberikan kuliah umum pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Administrator Angkatan I Tahun 2021 secara virtual, Kamis (18/03/2021).

Hary Sudwijanto mengemukakan bahwa sebagai role model, seorang pemimpin harus dapat memiliki perilaku, contoh dan kesuksesan yang bisa diikuti oleh orang lain. Selain itu, seseorang yang dapat menginspirasi para bawahannya di mana suatu perilaku baiknya akan dijadikan panutan dan diikuti. “Dalam kementerian kita, para pegawai dapat melihat beberapa tokoh untuk dijadikan role model. Salah satunya Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil. Ia merupakan tokoh yang luar biasa, yang kita semua dapat melihat kerjanya sebagai leader di Kementerian ATR/BPN,” ujar Hary Sudwijanto.

Hary Sudwijanto juga mengatakan bahwa seorang role model harus memiliki kualitas yang baik. Ia menyebutkan bahwa pemimpin harus mempunyai nilai yang baik, yakni nilai-nilai yang diyakini penting dalam kehidupan serta pekerjaan. Pemimpin juga harus memiliki komitmen di dalam komunitas, yang dapat diartikan bahwa seorang pemimpin giat bersosialiasi dalam komunitasnya dan kemampuannya dapat bermanfaat bagi individu lain di komunitasnya.

Lebih lanjut, pemimpin yang menjadi role model memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan. Hary Sudwijanto mengatakan bahwa pemimpin yang menjadi role model harus memiliki kemampuan untuk mengatasi suatu tantangan dan mencoba menghilangkan suatu tantangan. Untuk itu pemimpin harus bersikap jujur dan memiliki integritas.

Role model dipandang sangat penting, karena dapat membimbing setiap pegawai untuk menjalani hidup serta untuk membuat keputusan, sehingga role model haruslah orang yang dapat bekerja keras, kreatif serta berpikiran terbuka. “Dapat saya katakan bahwa memiliki suatu role model akan mempermudah kita untuk melihat “ big picture ” dari mimpi kita secara keseluruhan,” kata Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button