Ratusan Rumah di Kalbar Dikepung Banjir

JagatBisnis.com – Ratusan rumah masyarakat di Dusun Pakak, Kecamatan Kayan Ambang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, dikepung banjir.

Ini disebabkan hujan mengguyur kawasan itu sejak Selasa, 13 Juli 2021 malam sampai hari ini Rabu, 14 Juli 2021.

Hujan yang rimbun pula menyebabkan longsor di Busut Bank yang terletak sekitar 4 kilometer dari pemukiman masyarakat Dusun Pakak.

Sementara itu, BMKG Staklim Mempawah menulis, sebagian wilayah di Provinsi Kalimantan Barat dari pagi sampai Rabu siang, hari ini masih berpotensi hujan, alhasil daerah- daerah kecil berpotensi tergenang air banjir.

” Sampai saat ini, sebagian wilayah di Kalbar masih berpotensi terjadi hujan dengan keseriusan sedang sampai rimbun yang bisa diiringi petir ataupun geledek dan angin cepat bertempo pendek pada jam 08. 00 Wib,” tutur Prakirawan BMKG Staklim Mempawah, Erryka dalam keterangan tertulisnya di Mempawah.

Ada pula wilayah ataupun kabupaten yang berpotensi terjadi hujan dengan keseriusan sedang sampai rimbun yang bisa diiringi petir ataupun geledek dan angin cepat bertempo pendek, antara lain di Kabupaten Pihak Raya, yang melingkupi wilayah Pihak, Batu Ampar, dan Terentang.

Setelah itu di Kabupaten Sanggau mencakup Meliau, Mukok, dan Toba. Kabupaten Sekadau mencakup Nanga Halaman, Nanga Mahap, Sekadau Asal, Sekadau Ambang, Belitang Ambang, Belitang, Kabupaten Sintang mencakup Ketungau Ambang, Binjai Asal, Sintang, Kayan Ambang, Suram Cantik, Dedai, Bengawan Tebelian, Tempunak, Sepauk, Kayan Asal, Ambalau, Serawai, Kabupaten

Kapuas Asal mencakup Pencak Ambang, Semitau, Suhaid, Selimbau, Seberuang, Asal Gurung, Pencak Asal, Boyan Tanjung, Bunut Asal, Mentebah, Pengkadan, Jalur, Badau, Empanang, dan Puring Emas.

Setelah itu Kabupaten Ketapang mencakup Simpang Asal, Simpang 2, Bengawan Laur, Jelai Asal, Manis Mata, Air Upas, Singkup, Marau, Rebah Titi, Matan Ambang Selatan, Kendawangan, Bengawan Melayu Rayak, Daratan Kayong, dan Pemahan.

Di Kabupaten Kayong Utara mencakup Pulau Maya, Kepulauan Karimata, Teluk Batang, Seponti, Simpang Ambang, dan Sukadana.

” Situasi ini diperkirakan masih akan berjalan sampai jam 10. 00 Wib,” pungkasnya.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button