Purbalinga, Satu-satunya Zona Orange di Jawa-Bali

JagatBisnis.com – Indonesia sudah dinyatakan terbebas dari zona merah atau wilayah dengan tingkat penularan virus Corona (Covid-19) yang masih tinggi alias rawan pada sepekan terakhir ini. Dari data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per 26 September yang baru dirilis baru-baru ini di laman https://covid19.go.id/peta-risiko, dinyatakan nol sebaran zona merah. Adapun zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penularan Covid-19 mengalami penurunan dibandingkan data sepekan lalu.

“Zona oranye sepekan terakhir berjumlah 11 kabupaten/kota, dari belasan wilayah itu diketahui hanya Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah yang masuk zona oranye di Pulau Jawa,” jelas Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito, Jumat (1/10/2021).

Berita Terkait

Kemudian, lanjutnya, disusul Kota Subulussalam dan Kabupaten Aceh Tenggara di Aceh, serta Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Nunukan di Kalimantan Utara. Lalu, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Belitung Timur di Kepulauan Bangka Belitung, dilanjutkan Kabupaten Puncak, Papua; Kota Medan, Sumatera Utara; Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah; dan Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

“Dalam, peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan. Indikator yang digunakan adalah indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan,” bebernya.

Sementara itu, untuk zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 mengalami peningkatan menjadi 500 wilayah, dibandingkan data pekan lalu yang mencatat 481 kabupaten/kota masuk dalam zona kuning.

“Untuk zona hijau, ada penambahan satu kabupaten/kota dalam kategori zonasi ini, yakni Kabupaten Manokwari Selatan di Papua Barat. Sehingga terdapat tiga wilayah masuk zona hijau atau wilayah tidak terdampak Covid-19 dalam sepekan terakhir. Dua lainnya yakni Kabupaten Pegunungan Arfak di Papua Barat dan Kabupaten Intan Jaya di Papua,” ujarnya.

Dia menjelaskan, data harian per Kamis (30/9/2021), terdapat penambahan kasus Covid-19 baru, sebanyak 1.690 orang. Sementara untuk kasus sembuh terdapat penambahan sebanyak 2.848 kasus, dan 113 kasus meninggal baru.

“Sehingga secara kumulatif, sebanyak 4.215.104 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 4.037.024 orang dinyatakan pulih, 36.141 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 141.939 lainnya meninggal dunia,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button