Polri Lakukan Persiapan Pengamanan Jelang Paskah

JagatBisnis.com – Kepala Dinas Pencerahan Warga Bagian Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono mengatakan pihak kepolisian sudah melakukan perencanaan penjagaan menghadap Paskah pada Jumat, 2 April 2021. Bagi ia, kegiatan Paskah ialah skedul teratur setiap tahun yang masuk penanggalan keamanan dan kedisiplinan warga.

“ Paskah merupakan masing- masing tahun, ini kegiatan yang teratur dilakukan oleh warga spesialnya pemeluk Kristen. Karena sudah penanggalan Kamtibmas, berarti sudah terdapat perencanaan penjagaan untuk kegiatan Paskah,” tutur Rusdi di Mabes Polri, Kamis, 1 April 2021.

Berita Terkait

Bagi ia, merujuk suasana kekinian dengan permasalahan terorisme bom di Gereja Basilika Makassar, Polri sudah kasih petunjuk dan bimbingan ke satuan wilayah supaya lebih mewaspadai lagi.

“ Mudah- mudahan petugas kepolisian bersama petugas yang yang lain, terdapat Tentara Nasional Indonesia(TNI), Pemda bantu- membantu. Mudah- mudahan penerapan Paskah di tanah air bisa berjalan rukun dan khusyuk,” ucapnya.

Bagi ia, penjagaan dari gereja pasti sudah terdapat standarnya. Saat sebelum dilakukan kegiatan gereja, tentu akan disterilisasi. Berikutnya, pintu masuk gereja akan diamankan oleh aparat polisi bersama aparat gereja.

“ Kita bersama melakukan pengecekan kepada beberapa barang yang dibawa, itu standar dan akan jadi bagian gimana kegiatan di gereja esok bisa berjalan dengan rukun dan dengan khusyuk,” jelas ia.

Setelah itu, Rusdi mengatakan Polri pula sudah mengenali kerawanan- kerawanan untuk mempersiapkan personel di tempat- tempat ibadah.

” Polri berpendirian tidak under estimate, tidak kira remeh. Artinya, kesiapsiagaan itu jadi sesuatu prioritas,” jelasnya.

Penjagaan Berlapis

Kepala Bidang Humas Polda Metro Berhasil, Kombes Yusri Yunus mengatakan grupnya akan melakukan penjagaan berangkap menyusul terdapatnya aksi penyerangan oleh teroris ZA( 25) di Mabes Polri pada Rabu, 31 Maret 2021.

“ Menyikapi peristiwa di Mabes kemarin, Kapolri( Jenderal Listyo Sigit Prabowo) sidah menerangkan kenaikan penjagaan di markas aba- aba kepolisian, bagus Polda Metro Berhasil, Polres, Polsek serupa seluruhnya. Kita bungkus perketatan,” tutur Yusri di Mapolda Metro Berhasil pada Kamis, 1 April 2021.

Bagi ia, Polda Metro Berhasil memiliki 3 pintu ialah Pintu D ataupun pintu balik akan ditutup. Setelah itu, pintu di Jalur Gatot Subroto untuk biasa akan dibuka dengan penjagaan diperketat. Lalu, pintu utama spesial anggota Polri dibuka dengan penjagaan kencang.

“ Gimana sistemnya? Anggota Brimob kita lapisi di masing- masing pintu dengan pakaian komplit. Brimob, Propam dan lain- lain,” ucapnya.

Oleh karena itu, Yusri harap kebijaksaan warga bila terdapat pengecekan yang sedemikian itu kencang dilakukan kepolisian sesuai standar operasional metode( SOP). Pasti, penjagaan ini akan lalu dievaluasi.

“ Pak Kapolda dan Wakapolda masih lalu cek dan pengawasan wajib sesuai SOP sembari liat suasana yang terdapat. Karena pelayanan warga di mari lumayan besar. Jadi wajib dievaluasi, jangan membatasi warga,” jelas ia. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button