Polda Metro Jaya Bakal Tutup Jalan Tikus ke Jakarta Selama Libur Lebaran

JagatBisnis.com – Pemerintah telah menetapkan larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Terkait hal ini, sejumlah jalan tikus di DKI Jakarta bakal ditutup.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya berencana mendirikan delapan pos penjagaan di ruas jalan tol, arteri dan terminal. Selain melakukan penyekatan di delapan titik, polisi akan mengawasi jalur tikus.

“Jalur-jalur tikus sudah dipetakan dan dibuatkan juga penyekatan,” kata Sambodo, Jumat (9/4/2021).

Sambodo mengaku menyiapkan ratusan personel untuk menjaga di delapan titik penyekatan. Jumlah personel bisa bertambah seiring kemungkinan penambahan titik penyekatan.

“Personel nanti ada 380 setiap hari. Tapi, kalau nantinya titik (penyekatan) bertambah, pasti kita akan tambah lagi,” ujar Sambodo.

Dia menerangkan, personel yang di tempatkan bertugas menyeleksi ketat kendaraan yang akan ke luar Jakarta pada 6-17 Mei 2021 sebagaimana yang telah diputuskan pemerintah terkait larangan kegiatan mudik.

“Seperti tahun lalu, kita akan periksa semua. Kita akan melakukan penyekatan dan pemeriksaan terhadap kendaraan penumpang baik mobil, bus maupun motor yang meninggalkan Jakarta di tanggal tersebut,” ujarnya.

Polisi juga akan mengawasi kendaraan barang yang mungkin digunakan untuk ‘menyelundupkan’ pemudik dari Jakarta.

“Pemeriksaan setiap kendaraan yang lewat, termasuk bak truk, ambulans,” imbuhnya.

Larangan mudik Lebaran 2021 berlaku pada 6-17 Mei 2021. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan ada lebih dari 300 check point yang akan dibangun untuk menyekat warga yang ingin mudik.

“Dalam pelaksanaannya, kami bersama Korlantas Polri, bersama TNI, Pol PP, dan Dinas Perhubungan kabupaten/kota, dari tanggal 6 (Mei), kami sudah akan memasuki pos check point yang dibangun Polri. Kalau tidak salah, ada 333 pos check point yang akan didirikan kepolisian,” ujar Budi di akun YouTube BNPB, Kamis (8/4/2021).(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button