Pertumbuhan Otomotif Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

JagatBisnis.com – Indonesia jadi salah satu negeri di Asia Tenggara, yang memiliki pabrik otomotif besar. Banyak pabrikan asal Asia dan Eropa, yang menjadikan Tanah Air sebagai dasar dari operasional mereka.

Saat endemi menyerang tahun lalu, seluruh negeri di Asia Tenggara terkena akibatnya. Untuk zona otomotif, penyusutan sangat banyak dirasakan Malaysia, Myanmar, Filipina, dan Vietnam pada April. Sementara, Indonesia, Singapore dan Thailand mengalami itu pada bulan selanjutnya.

Berita Terkait

Dari informasi ASEAN Automotive Federation, diambil Senin 30 Agustus 2021, Myanmar jadi negeri yang pabrik otomotifnya sangat parah mengalami akibat wabah COVID- 19, karena pada April serupa sekali tidak mengirimkan bagian dari pabrik ke diler.

Malaysia terdapat di antrean selanjutnya, karena pada bulan yang serupa tahun lalu cuma megedarkan 152 bagian dari pabrik ke diler. Setelah itu diiringi oleh Filipina, dengan nilai 133 bagian.

Indonesia dan Thailand ialah 2 negeri sangat kokoh pabrik alat transportasi bermotornya, tetapi pada Mei 2020 nilai whole sales Indonesia cuma mencapai 3 ribuan bagian. Sedangkan, Thailand masih dapat bertahan di 30 ribuan bagian.

Pada tahun ini, pada umumnya pabrik otomotif para anggota ASEAN sudah mulai membaik walaupun pada Januari dan Februari masih mengalami penyusutan nilai pemasaran.

Informasi AAF membuktikan, pada Juli tahun ini Indonesia jadi negeri yang sangat besar pertumbuhannya di zona alat transportasi bermotor, ialah 163, 6 persen jika dibanding dengan bulan yang serupa di tahun sebelumnya.

Posisi kedua dihuni oleh Filipina, tetapi kenaikannya cuma 4, 7 persen bila dibanding dengan Juli 2020. Sementara itu, 5 negeri anggota ASEAN yang lain malah mengalami penyusutan.

Malaysia jadi negeri yang sangat besar penurunannya, ialah kurang 88 persen. Diiringi setelah itu oleh Myanmar dengan kurang 83, 6 persen, dan Vietnam kurang 33, 4 persen. Dengan cara keseluruhan, pencapaian pada Juli tahun ini lebih kecil 14, 1 persen dari tahun lalu.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button