Peringati HUT RI Ke-76, Anies Baswedan: Jalankan Prokes dan Merdeka dari Covid-19

JagatBisnis.com –  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan peringatan Hari Kebebasan Republik Indonesia ke- 76 tahun 2021 masih diliputi kesedihan dampak endemi COVID- 19.

Ini ialah tahun kedua peringatan HUT RI dilakukan di era endemi. Tidak sedemikian itu hidup semacam biasanya, endemi menuntut aktivitas masyakarakat dilakukan dengan aturan kesehatan yang kencang.

” Tahun ini kita untuk kedua kalinya memeringati Hari Kebebasan Republik Indonesia dalam atmosfer endemi. 76 tahun sudah Negara ini berkembang. Dan tema dalam peringatan Hari Kebebasan Republik Indonesia tahun ini merupakan‘ Indonesia Kuat, Indonesia Berkembang’,” tutur Anies dalam keterangan film yang ia sebarkan di akun Facebooknya, Selasa, 17 Agustus 2021.

Dalam peringatan HUT RI tahun ini, Anies mau menegaskan pada diri sendiri dan pula seluruh kalau memang betul bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kuat, bangsa yang rajin.

Bila ditarik kebelakang, lanjut Anies, saat sebelum 17 Agustus 1945, terdapat peristiwa Kebangkitan Nasional bulan Mei 1908. Setelah itu, Ikrar Anak muda bulan Oktober 1928. Ekspedisi dari 1908 hingga 1928, selama 20 tahun dilewati oleh para perintis kebebasan.

” Mereka melampaui era itu, melampaui hari- hari, minggu- minggu, bulan- bulan, tahun- tahun, dengan tantangan yang jelas. Mereka mengupayakan kebebasan dengan energi yang luar lazim besar, gigih, kokoh, dan mereka wajib berdekatan selalu melawan kolonial Belanda,” ucap Anies.

Bagi Anies, peperangan hari ini merupakan berdekatan dengan endemi yang setiap hari bertemu dengan hal virus Sars- Cov- 2. Masyarakat bumi mengalami endemi ini dari hari ke hari, bulan, bahkan saat ini sudah rute tahun.

” Virusnya tetap terdapat, kita tunjukkan kalau kita memiliki energi, kita memiliki kekuatan yang tidak takluk dengan orang tua- orang berumur kita kala mereka dahulu bertempur, bertarung melawan penjajahan,” kata Anies.

” Kali ini, untuk merdeka dari COVID- 19, ayo jalankan aturan kesehatan 6M, vaksinasi dilakukan, untuk melindungi sebuah angkatan manusiawi,” sambungnya

Hingga, kala kebebasan diproklamirkan pada 17 Agustus 1945, perintis kebebasan telah sukses menggulung penjajahan, Anies mengatakan kesempatan kita saat ini, mengadakan kesamarataan sosial, mengadakan keselamatan. Dan itu artinya, ikhtiar selalu.

” Ayo kita seluruh ambil tanggung jawab, ayo kita seluruh teruskan ikhtiar menggelarkan kesamarataan sosial dan keselamatan untuk semua orang Indonesia. Dirgahayu Republik Indonesia!,” tutur Anies. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button