PDI Perjuangan yang Bisa Usung Sendiri Pasangan Capres-Cawapres 2024

JagatBisnis.com – PDI Perjuangan (PDIP) disorot menuju Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Sebagai satu-satunya partai politik yang bisa mengusung pasangan capres-cawapres sendiri di Pilpres 2024, langkah PDIP jadi perhatian.

Kurang dari tiga tahun menuju 2024, partai logo kepala banteng itu belum menyatakan sikap resminya untuk pengusungan capres. Namun, dinamika di internal partai tersebut sudah menghangat.

Berita Terkait

Beberapa kader PDIP yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani mencuat dijagokan jadi bakal capres 2024. Nama Ganjar dan Puan juga bersanding di sejumlah lembaga survei.

Internal PDIP belakangan menghangat karena beberapa kader akar rumput menyatakan deklarasi dukungan terhadap Ganjar. Mereka yang mendukung Ganjar maju nyapres menamakan sebagai Barisan Celeng Berjuang.

Manuver Barisan Celeng Berjuang ini direspons negatif Dewan Pimpinan Pusat PDIP. Alasannya, kelompok kader simpatisan itu bergerak mendahului tanpa instruksi partai.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menganalisa dinamika di PDIP terjadi karena Ganjar belum mengantongi rekomendasi dari DPP. Menurutnya, PDIP kemungkinan lebih mendorong Puan ketimbang Ganjar sebagai bakal capres.

“Walaupun saat ini elektabilitas Puan di bawah Ganjar, tetap Ganjar akan sulit direkomendasi PDIP. Karena Puan itu putri mahkota PDIP,” kata Ujang pada Rabu malam, 27 Oktober 2021.

Dia memprediksi apapun kondisi yang terjadi arah PDIP lebih condong ke Puan. Apalagi penentuan capres dan cawapres ada di tangan ibu Puan, Megawati Soekarnoputri.

“Ada bahasa dari elite PDIP. Calon kita Puan. Menang ya menang bersama, nyungsep pun nyungsep bersama,” tutur Ujang.

Menurut dia, PDIP masih akan mempertahankan klan Soekarno. Meski punya elektabilitas lebih baik dari Puan, PDIP dinilai masih sulit beri rekomendasi ke Ganjar.

“Karena ada Puan. Trah Soekarno harus punya tempat, makanya akan didorong nyapres,” ujar Ujang. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button