Pandemi Covid-19 Harus Diselesaikan dengan Ilmu Pengetahuan

JagatBisnis.com – Satu tahun pandemi Corona (Covid-19), Indonesia
menempati urutan pertama di Asia untuk jumlah harian kematian dan persentasi harian kematian (mortalis). Kondisi ini harus menjadi perhatian khusus. Sehingga penanganan Covid-19 di Indonesia perlu diselesaikan berdasarkan ilmu pengetahuan yang hingga kini terus berkembang.

Demikianlah yang dikatakan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih dalam Jumpa Pers Satu Tahun Pandemi Covid-19 yang digelar secara virtual, Rabu (10/3/2021).

Berita Terkait

Dia menjelaskan, angka kematian adalah indikator penting untuk menilai keberhasilan penanganan suatu penyakit dan update mitigasi sesuai dengan kondisi dan perubahan adalah juga hal penting yang harus dilakukan.

“Jika pengaturan hal tersebut sudah dilakukan, maka kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan baik dan memiliki resiko rendah dalam transmisi virus bahkan dapat memutus mata rantai penularan,” ungkap Daeng.

Menurutnya, analisis ilmu pengetahuan pasti objektif. Apalagi, berdebat berdasarkan ilmu pengetahuan yang objektif akan menghasilkan keputusan yang baik. Oleh sebab itu, penyelesaian masalah kesehatan dan ekonomi membutuhkan penguasaan ilmu pengetahuan.

“Tak dipungkiri, pandemi ini telah memacu perkembangan ilmu pengetahuan dunia, tak terkecuali Indonesia. Virus yang menyebabkan penyakit Covid-19 ini, mampu menghasilkan sejumlah inovasi dari teknologi yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan,” tutupnya. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button