Pandemi Belum Usai, Sekolah Cendekia BAZNAS Kembangkan Aplikasi Pembelajaran untuk Siswa

JagatBisnis.com –  Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB) mengembangkan inovasi pembelajaran melalui platform Learning Management System (LMS). Media pembelajaran berbasis online ini bagian langkah SCB dalam menghadapi kondisi pandemi yang hingga kini belum usai.

Di dalam program LMS tersebut ada beberapa fungsi yang membantu tugas tenaga didik Sekolah Cendekia BAZNAS.

Selain untuk pembelajaran daring, aplikasi tersebut juga berfungsi untuk pengelolaan kelas, monitoring sekolah, dan evaluasi belajar atau lebih dikenal dengan Computer Based Test (CBT).

Saat ditemui di ruangannya, Waka Kurikulum SCB, Siswadi Dinianto mengatakan, Computer Based Test (CBT) itu merupakan bagian dari platform Learning Management System (LMS). Bagaimana di masa pandemi ini proses pembelajaran bisa berlangsung secara online dengan mematuhi protokol.

“CBT ini dikembangkan oleh tim Learning Management System Sekolah Cendekia BAZNAS. CBT di mulai pada awal tahun 2021. Sebelumnya kami menggunakan google form sebagai media test. Namun kami terinspirasi untuk mengembangkan aplikasi Learning Management System (LMS) yang di situ ada CBT khusus penilaian atau ujian,” kata Siswadi Dinianto, Kamis (24/6).

CBT pernah diuji coba pada penilaian tengah semester siswa dan penilaian akhir tahun.
Menurutnya, CBT sangat efektif menjadi media pembelajaran untuk siswa. Pasalnya program CBT ini dapat menghemat kertas dibandingkan tes secara konvensional.

“Namun sangat disayangkan aplikasi CBT ini biasanya terkendala dengan sinyal. Oleh karenanya SCB berkomitmen akan memodifikasi program LSM dan CBT, sehingga menjadi media pembelajaran berbasis teknologi yang efektif,” tambahnya.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button