Optimalkan Pengawasan, Bea Cukai Jalin Sinergi Dengan Aparat Penegak Hukum di Berbagai Daerah

JagatBisnis.com – Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Bea Cukai secara aktif menjalin sinergi dengan instansi pemerintahan lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan dan pengawasan, serta untuk berkolaborasi menjaga Indonesia dari peredaran barang ilegal yang membahayakan masyarakat.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi, Tubagus Firman Hermansjah mengungkapkan bahwa Bea Cukai menjalin sinergi dengan aparat penegak hukum di Batam, Bengkalis, Semarang, Surabaya, hingga di Mataram. Sinergi ini berfokus untuk mengawasi peredaran narkotika, khususnya di beberapa daerah ini.

“Pada Selasa (14/09) lalu, Askolani, Direktur Jenderal Bea Cukai, menandatangai perjanjian kerja sama terkait pelaksanaan operasi laut interdiksi terpadu di Batam. Kerja sama ini melibatkan Bea Cukai, BNN, Polri, Dirjen Perhubungan Laut, dan Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan,” papar Firman.

Kesepakatan yang menjadi bahasan dalam perjanjian ini antara lain pertukaran dan pemanfaatan data dan informasi, pelaksanaan operasi laut interdiksi terpadu, serta pemanfaatan sarana dan prasarana. Selain itu, perjanjian ini juga sejalan dengan pelaksanaan Inpres Nomor 2 Tahun 2020 yang berkaitan dengan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) sesuai tugas dan fungsi masing-masing instansi.

“Selain itu, Bea Cukai Semarang melaksanakan koordinasi dan diskusi dengan BNN Provinsi Jawa Tengah, dan Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Semarang, secara luring pada Jumat (17/09) lalu. Tentu kami berharap dengan terjalinnya sinergi antar instansi ini, pelayanan dan pengawasan Bea Cukai akan lebih baik ke depannya,” ujar Firman.

Firman juga memaparkan bahwa Bea Cukai Bengkalis dan Bea Cukai Mataram juga menjalin sinergi dengan Kejaksaan Negeri dan Polda setempat untuk mengoptimalkan pengawasan atas barang-barang ilegal di bidang kepabeanan dan cukai.

Sementara untuk meningkatkan koordinasi di bidang penegakan hukum, Kantor Wilayah Bea Cukai Jatim I menggandeng Kanwil Kemenkumham Jatim. Pada kesempatan ini, Bea Cukai menyatakan komitmen untuk secara aktif melakukan edukasi untuk mencegah peredaran rokok dan miras ilegal di wilayah Jawa Timur.
“Selain itu, Bea Cukai berharap ke depannya dapat bekerja sama dengan Kemenkumham untuk membangun rutan khusus pelaku tindak pidana kepaebanan dan cukai,” pungkas Firman.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button