Optimalkan Pelayanan dan Pengawasan, Bea Cukai Gandeng Instansi Terkait Lainnya

JagatBisnis.com – Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Bea Cukai secara aktif bersinergi dengan instansi lainnya di berbagai daerah. Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi, Tubagus Firman Hermansjah, menjelaskan bahwa untuk mengoptimalkan hubungan bilateral antara Bea Cukai dengan Kastam Diraja Malaysia, Bea Cukai Meulaboh menerima kunjungan dari atase Kastam Diraja Malaysia untuk Indonesia.

“Pada kunjungan ini diadakan pertukaran informasi terkait kegiatan kepabeanan dan cukai, upaya penanganan pandemi, serta bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral Malaysia-Indonesia khususnya dalam bidang kepabeanan dan cukai,” papar Firman.

Pada kesempatan ini pula, KPU Bea Cukai Soekarno Hatta bersama Direktorat Fasilitas Kepabeanan menyelenggarakan focus group discussion untuk mengulas pemanfaatan fasilitas kepabeanan dalam rangka penanganan pandemi, bersama perwakilan dari Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (18/11) lalu, di aula KPU Bea Cukai Soekarno Hatta.

“Ketentuan fasilitas yang diberikan terhadap beberapa barang yang dibutuhkan dalam penanganan pandemi ini tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92 Tahun 2021. Tentunya pemberian fasilitas juga berdasarkan pertimbangan dan masukan dari instansi terkait, sebagai bentuk dukungan Bea Cukai demi terwujudnya kemandirian industri alat kesehatan, obat-obatan, dan vaksin,” ujar Firman.

Sementara, Bea Cukai Tual menggandeng Polres Tual untuk bersinergi mengawasi wilayah kerjanya, terutama dari upaya penyelundupan narkotika yang marak terjadi. “Melalui sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya, kami berharap dapat bersama menjaga masyarakat Tual dari peredaran barang ilegal yang dapat membahayakan generasi muda. Selain itu, ke depannya, kami akan berkolaborasi dengan instansi lainnya, untuk bersama mengedukasi masyarakat tentang dampak penyalahgunaan narkotika,” pungkas Firman.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button