Optimalkan Pelayanan, Bea Cukai Jalin Sinergi Dengan Instansi Lainnya

JagatBisnis.com –  Untuk mengoptimalkan pelayanan dan pengawasan kepada masyarakat, Bea Cukai secara aktif menggandeng instansi Pemerintahan lainnya di berbagai daerah. Tubagus Firman Hermansjah mengungkapkan bahwa sinergi yang terjalin antar instansi ini diharapkan dapat terus berlangsung, khususnya untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi yang masih berlangsung.

Pada kesempatan ini, Bea Cukai memperkuat soliditas antar instansi QICP (Quarantine, Immigration, Customs, Port) Sabang melalui kegiatan coffee morning yang dilaksanakan di aula Kantor Bea Cukai Sabang pada Kamis (30/09). “Kegiatan ini juga membahas terkait standar operasional prosedur dalam pelayanan dan pengawasan clearance pelabuhan di Perairan Sabang selama tengah pandemi,” ujar Firman.

Firman menambahkan bahwa Bea Cukai Tanjung Emas juga melaksanakan kegiatan yang sama, dan dihadiri oleh stakeholder Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang. Pada kegiatan ini juga, Bea Cukai Tanjung Emas memperoleh penghargaan dari KKP atas dukungan serta kerja sama dalam pelaksanaan program kekarantinaan kesehatan selama pandemi di Semarang.

“Untuk memperkuat sinergi yang terjalin antara Bea Cukai dan KKP, telah diselenggarakan program percepatan penanganan dan pencegahan covid-19, seperti percepatan vaksinasi di lingkungan Pelabuhan Tanjung Emas,” papar Firman.

Sementara itu, Bea Cukai Pantoloan menjalin sinergi dengan Kejaksaan Negeri, Polres, dan PT. Pelindo di Tolitoli. Firman menjelaskan bahwa sinergi yang dijalin ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan, serta pembahasan langkah strategis terkait kegiatan direct ekspor komoditi unggulan dari Tolitoli dan Buol.

“Semoga dengan sinergi yang dijalin di berbagai daerah ini, Bea Cukai dapat selalu memberikan pelayanan dan pengawasan terbaik kepada masyarakat,” pungkas Firman.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button