Optimalkan Pelayanan, Bea Cukai Gandeng Instansi Lainnya di Berbagai Daerah

JagatBisnis.com –  Untuk mengoptimalkan tugas dan fungsinya, Bea Cukai terus berkolaborasi dengan instansi pemerintahan lainnya. Pada kesempatan ini, Bea Cukai Meulaboh mengunjungi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Meulaboh untuk membahas tentang program pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Kantor Bea Cukai Meulaboh, Muhammad Alim Fanani, menjelaskan bahwa pemberian fasilitas pembiayaan bagi para pelaku UMKM seperti pembiayaan ultra mikro (UMi) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang dapat diberikan melalui lembaga keuangan yang menjadi binaan KPPN. “Dengan sinergi ini, kami berharap dapat mempermudah pelaku usaha di Aceh Barat dalam mengembangkan usahanya,” pungkas Muhammad Alim.

Sementara itu, Bea Cukai Entikong mengadakan kegiatan coffee morning bersama perwakilan instansi pemerintahan lainnya pada minggu kedua bulan Juni. Kegiatan yang berlangsung di area terbuka Kantor Bea Cukai Entikong ini, dijalankan dengan protokol kesehatan serta bertujuan untuk terus menjalin sinergi antar instansi di daerah perbatasan NKRI.
Pada Jumat (25/06) lalu, Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto membuka kegiatan In House Training (IHT) Kawasan Berikat dan Kawasan Ekonomi Khusus secara daring. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Bea Cukai dengan KPP Madya Semarang dan KPP Batang.

“Sesuai dengan arahan pimpinan, sinergi yang terjalin antar satuan kerja di lingkungan Kemenkeu harus sudah masuk ke tahap operasional dan berorientasi pada hasil. Dari IHT ini saya berharap kita dapat memetakan, menetapkan dan mengeksekusi mana mana saja titik yang berpotensi untuk meningkatkan penerimaan negara dan mencegah kebocoran,” ujar Tri Wikanto dalam sambutannya.

Kanwil Khusus Bea Cukai Papua juga menggandeng aparat penegak hukum di Papua untuk melaksanakan kegiatan asistensi penanganan perkara selama lima hari, dimulai pada Selasa (22/06). “Pada kegiatan ini, diselenggarakan bimbingan penanganan perkara di Kantor Bea Cukai Merauke, serta dilanjutkan dengan rapat koordinasi bersama Kejaksaan Negeri Merauke,” ungkap Akhmad Rofiq, Kepala Kantor Bea Cukai Merauke. Akhmad juga mengharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan, untuk meningkatkan sinergi antar instansi di wilayah Papua. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button