OPM Kian Brutal, TNI Kerahkan Pasukan Tempur Kodam Hasanuddin ke Papua

jagatBisnis.com – Setelah mengerahkan satu batalyon prajurit tempur dari Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi, Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali memberangkatkan satu batalyon pasukan elite ke tanah Papua.

Kali ini TNI memberangkatkan 450 prajurit pasukan elite yang dimiliki Kodam XIV/Hasanuddin, yakni dari Batalyon Infanteri Raider 700/Wira Yudha Cakti.

Pasukan elite ini diberangkatkan dari Makassar menuju Papua, untuk melaksanakan operasi dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Mobile RI-Papua Nugini. Yonif Raider 700/WYC dikerahkan lengkap dengan peralatan tempur, seperti senjata dan peralatan komunikasi.

“Selaku pribadi dan atas nama Pangdam XIV/Hasanuddin, dengan penuh rasa bangga saya mengucapkan selamat kepada segenap prajurit Satgas Yonif Raider 700/WYC yang telah mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan di Wilayah Papua,” kata Panglima Kodam Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI Andi Sumangerukka.

Berdasarkan informasi yang dilansir VIVA Militer, Rabu 28 Oktober 2020, pasukan elite Yonif Raider 700/WYC mulai meninggalkan Sulawesi sejak 27 Oktober 2020, mereka bertolak ke Papua dengan menggunakan kapal perang TNI Angkatan Laut.

Pengerahan pasukan elite Yonif Raider 700/WYC dilakukan TNI di tengah memanasnya situasi di Papua, atas serangkaian penyerangan brutal yang dilancarkan kelompok separatis bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Perlu diketahui, dalam beberapa bulan ini, OPM sedang gencar-gencarnya menyerang basis-basis TNI, yang terbaru mereka menyerang konvoi pasukan Batalyon Infanteri 312/Kala Hitam di Oksibil, Pegunungan Bintang. Dalam penyerangan itu 3 prajurit terluka akibat tembakan.

Sebelumnya pada pekan lalu pada 20 Oktober 2020, TNI telah mengerahkan 450 pasukan dari Batalyon Infanteri 310/Kidang Kencana, Komando Daerah Militer III/Siliwangi.

Pasukan tempur yang bermarkas di Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat itu diberangkatkan dengan menggunakan Kapal Perang KRI Banda Aceh 593 menuju Dermaga Merauke. Yonif 310/Kidang Kencana dikerahkan sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Papua Nugini, dalam Satgas Penyangga Mobile. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button