Ngeri, Hacker Menebar Teror Lewat Pasokan Air

JagatBisnis.com – Pihak berwenang di Amerika Sindikat mengatakan, kalau seseorang dengan cara bawah tangan telah mengakses dari jarak jauh instalasi pengerjaan air lokal dan berupaya untuk mengombinasikan materi kimia beresiko ke dalam cadangan air di Oldsmar City, Florida.

Bagi Sheriff Pinellas County Bob Gualtieri, yang merinci serbuan itu, hacker sanggup mengatur komputer di sarana itu dan tingkatkan kadar sodium hidroksida ataupun alkali sampai seratus kali bekuk dari yang sepatutnya.

” Sistem komputer ini memiliki program perangkat lunak yang membolehkan akses dari jarak jauh, di mana pihak yang berhak bisa membongkar masalah sistem dari posisi lain,” jelas Gualtieri.

Sistem inilah yang dikonfirmasi sebagai TeamViewer, yang membuat peretas memiliki akses ke pengawasan pengerjaan air. Peretas mengganti kadar sodium hidroksida dari 100 bagian per juta, jadi 11. 100 bagian per juta, bagi web Mashable SE Asia, Selasa, 9 Februari 2021.

Kendala awal dikabarkan terjadi pada jam 08: 00 pagi durasi setempat pada hari Jumat. Lalu yang kedua di mana pergantian tingkat alkali terjadi pada Senin sekitar jam 13: 30 durasi setempat.

Untungnya, bagi Gualtieri, seorang operator industri melihat mouse komputer beranjak, dan menghapuskan pergantian saat sebelum kerusakan parah terjadi.

“ Warga tidak dalam ancaman. Saat ini kita belum memiliki terdakwa yang diidentifikasi, tetapi kita memiliki petunjuk,” jelasnya.

Pada 2013, Wired melaporkan kalau banyak sistem kontrol pabrik, termasuk generator listrik daya air didiamkan terbuka untuk orang luar melalui internet. Ini merupakan masalah yang berkepanjangan jika tidak segera ditangani. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button