Mulai Sekarang, Harus Sering Buka Akun Google agar File Tidak Dihapus

JagatBisnis.com – Awal Juni 2021 lalu, Google sudah mulai memberlakukan kebijakan yang membolehkan menghapus konten/file yang tersimpan dalam akun Google dari server online, tanpa seizin pemilik akun terlebih dahulu. Aturan tersebut akan berdampak pada konten/file yang ada di layanan Google, seperti Google Photos, Gmail dan Drive (Docs, Sheets, Slides, Drawings, dan Forms).

Penerapan kebijakan penghapusan konten ini merupakan upayanya untuk membersihkan server dari akun dan file milik pengguna yang sudah tidak aktif selama bertahun-tahun. Kebijakan ini juga membantu kami memenuhi permintaan penyimpanan yang terus meningkat dan menyelaraskan kebijakan penyimpanan kami di seluruh produk,” tulis Google seperti dikutip dari dalam blog resminya, Jumat (11/6/2021).

Google menjelaskan, ada 2 kriteria pengguna yang file-nya sewaktu-waktu bisa dihapus tanpa pemberitahuan. Pertama, pengguna yang tidak aktif menggunakan akun Google selama 2 tahun penuh. Kedua, pengguna yang telah melewati batas penyimpanan gratis 15 GB di akun-akun Google, selama 2 tahun.

“Karena, kebijakan ini baru diaktifkan 1 Juni 2021. Jadi belum ada pengguna akun yang datanya dihapus saat ini, kecuali akun tersebut tidak digunakan selama 2 tahun ke depan atau hingga 2023. Baru saat itu kami akan menghapusnya. Tapi, selama pengguna aktif menggunakan akunnya, maka tidak akan terpengaruh oleh kebijakan ini,” kata Google.

Menurut Google, Nantinya, sebelum konten benar-benar dihapus, Google akan memberikan pemberitahuan ke akun pengguna. Dengan adanya notifikasi tersebut, pengguna akan mengambil aksi agar konten milik pengguna di layanan Google tersebut tak dihapus, seperti mengunduh atau memindahkan ke penyimpanan lain.

“Kami menyarankan, cara termudah agar terhindar dari penghapusan konten ini dengan membuka akun di layanan Google secara berkala. Sedangkan untuk pengguna yang sudah mencapai batas kapasitas penyimpanan gratis 15 GB, disarankan untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Salah satu caranya dengan menghapus konten yang sudah tidak digunakan lagi atau pengguna juga bisa menambah kapasitas penyimpanan tambahan dengan berlangganan penyimpanan cloud Google One, dengan harga mulai dari Rp 26.900 per bulan untuk kapasitas ekstra 100 GB,” tutupnya. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button