Mulai 15 Juni, Google Play Movie di Smart TV Dihentikan

JagatBisnis.com – Aplikasi hiburan dan sewa film Google Play Movies & TV bakal dihapus dari 4 merek Smart TV Smart TV, mulai 15 Juni mendatang. Keempat merk Smart TV itu adalah Roku, Samsung, LG dan Vizio. Sehingga pengguna Smart TV tersebut tak bisa lagi memasang, menyewa, membeli, serta menonton film di aplikasi Play Movies & TV.

Namun, Google memastikan pengguna merek Smart TV tersebut masih bisa menyewa dan menonton film favorit, termasuk yang sudah dibeli di Play Movies & TV, melalui aplikasi YouTube. Pengumuman ini disampaikan Google dalam laman Support resminya, seperti dikutip, Selasa (20/4/2021).

Google menjelaskan, untuk melihat seluruh konten yang telah dibeli di Play Movies & TV melalui aplikasi YouTube, pengguna bisa membuka YouTube, meng-klik tab “Library”, dan meng-klik menu “Your movies and shows”. Di aplikasi YouTube, pengguna aplikasi Play Movies & TV di Smart TV dengan merek-merek di atas juga masih bisa menggunakan saldo Google Play untuk membeli film, serta menonton aneka konten yang disimpan di Family Library.

Terlepas dari itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengguna aplikasi Play Movies & TV di Smart TV bermerek Roku, Samsung, LG, dan Vizio. Pertama, konten yang dibeli melalui aplikasi YouTube tidak mendukung Family Library dan tidak bisa ditonton oleh anggota keluarga yang terdaftar di layanan Family Sharing.

Lalu, playlist yang sebelumnya dibuat di Play Movies & TV akan hilang dan pengguna harus membuat playlist baru di aplikasi YouTube. Kemudian, aneka film yang dibeli sebelumnya juga kemungkinan besar tidak akan mendukung resolusi 4K dan HDR.
Sebab, aplikasi YouTube biasanya tidak bisa menampilkan film dengan kualitas sebaik aplikasi yang memang dikhususkan untuk streaming film macam Play Movies & TV tadi.

Menurut Google, hanya pengguna yang memiliki Smart TV merek lain, seperti Sony atau Xiaomi, masih bisa memasang dan menonton film di aplikasi hiburan bikinan Google tersebut setelah 15 Juni 2021 mendatang. Pengguna juga masih bisa mengakses aplikasi penyewaan film bikinan Google ini di sejumlah platform lainnya, seperti Apple TV, Android TV, smartphone Android, dan lain sebagainya. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button