Minggu Ini BST Cair, Begini cara Mengeceknya

JagatBisnis.com –   Minggu ini, Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp600 ribu akan cair. Dikutip dari akun instagram Kemensos, BST Rp 300 ribu per bulan dicairkan di bulan Juli ini untuk periode Mei dan Juni 2021. Dengan demikian, setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM), akan menerima BST sebesar Rp 600 ribu.

Totalnya, ada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerma BST. Proses penyaluran BST ini dilakukan melalui PT Pos Indonesia. Selain uang tunai, penerima BST juga akan mendapatkan bantuan beras sebesar Rp 10 kg per keluarga. Bantuan beras Rp 10 kg ini disalurkan melalui Perum Bulog.

Untuk mengetahui apakah Anda menjadi penerima BST atau tidak, bisa dicek secara online.

Pengecekan dilakukan di laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut langkah-langkahnya:
1. Pertama buka link cekbansos.kemensos.go.id.
2. Kemudian masukkan alamat: Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan pada kolom isian
3. Lalu, masukkan nama lengkap sesuai KTP
4. Setelah itu masukkan kode pada kolom
5. Jika tidak jelas huruf kode, klik icon ‘reload’ untuk mendapatkan kode baru
6. Setelah itu tekan tombol “cari” data

Data hasil pencarian akan ditampilkan pada laman cekbansos.kemensos.go.id. Data yang ditampilkan berupa alamat penerima, jenis bansos yang diterima, periode bansos, dan identitas penerima.

Pencairan dilakukan di tempat yang telah ditunjuk, yaitu di kantor kelurahan/desa masing-masing. Namun ada pula yang pencairannya masih di kantor pos. Surat undangan tersebut diberikan desa melalui ketua RT/RW masing-masing. Surat undangan itu juga memuat informasi penerima.(hab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button