Meresahkan, Warga Tebing Tinggi Tangkapi Monyet-monyet Liar

JagatBisnis.com –  Merasa kerap diteror gerombolan monyet liar, warga di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara membuat perangkap untuk menangkap monyet-monyet liar tersebut. Warga menyatakan merasa terganggu.

“Hari ini tambah satu ekor monyet liar masuk perangkap matanya rusak satu. Itu yang paling besar di antara yang lain,” ungkap seorang warga bernama Lina kepada wartawan pada Rabu 20 Oktober 2021.

Kandang perangkap monyet itu disebut disediakan oleh BBKSDA Sumatera Utara dan Scorpion Foundation Indonesia. Kini monyet liar tersebut menjadi tontonan warga khususnya anak-anak.

“Mulai berkurang masuk pemukiman, sejak sudah 5 ekor ditangkap. Tadi ada masuk perangkap lagi, tapi lepas,” tutur ibu rumah tangga itu.

Warga lainnya yakni Edi menjelaskan seekor monyet dengan kondisi tubuh besar dan matanya sedang sakit merupakan monyet yang dinilai warga yang ganas.

“Ini yang paling besar dan ganas. Saya hampir diterkam monyet itu. Matanya rusak karena ditembak saat masih kecil,” sebut Edi.

Terpisah, Humas BBKSDA Sumatra Utara, Handoko Hidayat mengatakan pihaknya memberikan fasilitas kepada warga berupa kandang perangkap untuk menangkap monyet liar.

Setelah itu BBKSDA Sumut akan mengevakuasi monyet itu dan melepasliarkan ke habitatnya di kawasan Hutan di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

“Monyet liar berhasil ditangkap akan ddilepasliarkan oleh Sumatra macaques Yayasan Scorpion Indonesia ke taman marga satwa Karang Gading di Kabupaten Langkat,” kata Handoko. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button