Merapi Luncurkan Lava Pijar ke Arah Barat Daya

JagatBisnis.com – Gunung Merapi di pinggiran Jawa Tengah dan Wilayah Eksklusif Yogyakarta kembali meluncurkan guguran lahar pijar.

Demikian disampaikan Kepala Gedung Pelacakan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Ilmu bumi( BPPTKG) Hanik Humaida. Ada pula jarak melaju maksimal 600 meter ke arah barat energi selama rentang waktu pengamatanSelasa dari jam 00. 00 Wib hingga 06. 00 Wib.

Dalam rentang waktu observasi Merapi pula mengalami 26 kali guncangan guguran dengan amplitudo 3 hingga 31 milimeter selama 11 hingga 62 detik.

Tidak hanya itu, Gunung Merapi mengalami 2 kali guncangan hembusan dengan amplitudo 4 hingga 5 milimeter selama 13 hingga 15 detik, 5 kali guncangan tahap banyak dengan amplitudo 2 hingga 3 milimeter selama 5 hingga 6 detik, dan satu kali guncangan vulkanik cetek dengan amplitudo 40 milimeter selama 10 detik.

Asap setinggi 400 meter teramati pergi dari pucuk kawah Gunung Merapi, yang selama rentang waktu observasi dinaungi berawan dan diliputi angin yang berhembus lemas ke arah timur, tenggara, dan barat.

Pada rentang waktu observasi Senin( 26 atau 4) jam 00. 00 hingga 24. 00 Wib, Gunung Merapi terdaftar satu kali meluncurkan awan panas guguran dengan jarak melaju 1. 300 meter membidik ke barat energi dan 3 kali meluncurkan guguran lahar pijar dengan jarak melaju maksimal 700 meter ke arah barat energi.

Sampai saat ini, BPPTKG masih menjaga status aktivitas Gunung Merapi pada Tingkat III ataupun Siap sedia.

Guguran lahar dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan berakibat pada wilayah dalam zona selatan- barat energi yang mencakup Bengawan Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button