Mentan Sebut Harga Cabai Naik Gegara Curah Hujan

JagatBisnis.com – Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa curah hujan yang sering terjadi belakangan ini yang mengakibatkan harga cabai meninggi.

“Kalau hujan banyak, cabai kan lebih sedikit dan biasanya harganya naik tapi tetap pada reins-reins yang ada. Kita akan perkuat distribusi dari daerah sentra ke daerah yang kurang,” katanya di Sulawesi Selatan, Sabtu (20/3/2021).

Kendati demikian, Mentan mengatakan bahwa stok bahan pangan tetap aman menjelang Ramadhan. Meski begitu, menurut Syahrul harga pangan akan dinamis seiring meningkatnya permintaan.

“Jelang Ramadhan ini stok kita aman. Kita sudah siapkan dengan baik, 11 sampai 12 jenis pangan aman, walaupun ada dinamika ketersediaan dan harga,” kata Syahrul.

Yasin juga mengatakan bahwa pihaknya juga menggandeng Bulog dan sejumlah pihak untuk memastikan penyerapan hasil panen petani berjalan baik. Termasuk memastikan harga pembelian dari petani sesuai standar.

“Sekarang kalau sudah panen, biasanya selalu ada persoalan di harga. Tapi Alhamdulillah di Maros tidak. Kenapa? karena Bulognya bergerak, petaninya bergerak dan yang lain juga bergerak, maka itu harganya bagus,” sebutnya.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button