Menkominfo Koordinasi dengan Polri Terkait Ikon Kabah di Game Fornite

JagatBisnis.com –  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, pihak developer atau pengembang sudah memberikan tenggapan atas beredarnya ikon mirip Kabah dalam video game daring, Fortnite.

Menurut Johnny, pihak Fortnite, telah memberi klarifikasi elemen dalam video tersebut merupakan user generated content (UGC) yang dibuat oleh pengguna dalam bentuk “Creativity Mode”.

Politisi Partai Nasdem ini juga mengatakan, pihaknya telah mengkaji hal tersebut.

“Merespons beredarnya video dalam game daring Fortnite yang memuat ikon yang dinilai mirip Kabah, Kementerian Kominfo telah mengkaji konten yang dimaksud,” ujar Johnny seperti dikutip dari Antara, Selasa (6/7/2021).

Sebagai informasi, dalam video game Fortnite ada memuat konten agar pemain menghancurkan bangunan berbentuk mirip Kabah.

Berdasarkan hasil penelusuran Kemenkominfo, Johnny menuturkan, konten video game tersebut sudah dipublikasikan sejak 17 Februari 2019 melalui kanal YouTube.

Selain itu, Jhonny menambahkan, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Polri guna mendalami beredarnya konten video dalam game Fortnite, yang memuat ikon mirip Kabah itu.

Ia menegaskan, pihaknya juga akan terus menelusuri serta melakukan penindakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku jika ditemukan pelanggaran ruang digital dalam video game tersebut.

“Kementerian Kominfo sedang berkoordinasi kepada Kepolisian Republik Indonesia untuk menelusuri dan menindak pelaku yang mengkreasi konten tersebut,” kata Johnny. (hab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button