Menjelang Lebaran, Forwatan Bersama 3 Asosiasi Hilir Sawit Kembali Berbagi

JagatBisnis.com – Di bulan berkah ini, Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) kembali berbagi. Kali ini bersama 3 asosiasi hilir kelapa sawit memberikan bantuan kepada anak yatim piatu, lansia dan penyandang disabilitas sebagai bentuk kepedulian di tengah pandemi dan menjelang hari raya Idul Fitri, Minggu (9/5/2021). Ketiga asosiasi itu adalah Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (AkelapaPROBI), Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) dan Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN)

Ketua Forwatan, Yuwono Ibnu Nugroho menjelaskan, bantuan kali ini diberikan kepada 4 yayasan. Yaitu, Wisma Tuna Ganda (Pekayon), Yayasan Cahaya Hati Gemilang (Meruyung, Depok), Yayasan Amal Fisabilillah (Pondok Ranggon), Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 (Cipayung). Adapun bantuan yang diberikan berupa 250 paket sembako dalam bentuk uang tunai.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada 3 asosiasi hilir sawit yang mempercayakan penyaluran bantuan tersebut melalui kami. Bantuan ini menunjukkan industri sawit tidak saja berkontribusi bagi negara tapi juga perhatian terhadap masyarakat,” Yuwono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (10/5/2021).

Sementara itu, Ketua Bidang Pemasaran dan Promosi, APROBI, Irma Rachmania mengatakan, kegiatan sosial ini perlu dijalankan setiap tahun karena memberikan dampak positif kepada masyarakat. Bantuan ini menunjukkan kontribusi industri sawit di sektor hilir kepada masyarakat. Karena industri sawit seperti biodiesel punya peranan penting bagi negara dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

”Saya rasa, kegiatan ini perlu dilakukan tiap tahun. Apalagi, selama 2 tahun ini kami sudah rutin. Untuk tahun depan, berencana mendata kembali sejumlah panti asuhan agar mendapatkan bantuan sehingga bisa menjangkau masyarakat yang membutuhkan lebih luas lagi,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua Umum GIMNI, Bernard Riedo menegaskan, kegiatan ini sudah dijalankan asosiasinya setiap tahun. Apalagi, seperti bulan Ramadhan saat ini yang masih dalam masa pademi Covid-19
diharapkan bantuan yang diberikan bisa bermanfaat.

“Untuk ke depannya, kerjasama ini bisa lebih banyak membantu penyandang disabilitas, yatim piatu, dan lansia yang membutuhkan lebih banyak lagi,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum APOLIN, Rapolo Hutabarat, mengungkapkan, saat Ramdhan seperti saat ini adalah momentum yang sangat untuk berbagi. Ini adalah bulan yang dinantikan semua umat Islam. Karena memberikan suasana yang membahagiakan.

“Setelah sebulan puasa, semua umat Muslim merayakan hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang dinantikan bersama keluarga berbagi kebahagiaan. Budaya ini sangat baik sehingga perlu dijaga bersama untuk saling berbagi. Atas dasar itulah, kami turut berbagi dalam momentum bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri di tahun ini,” tutup Rapolo. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button