Membangun Indonesia Tak Hanya di Pulau Jawa

JagatBisnis.com – Pembangunan Indonesia tak bisa hanya difokuskan di Pulau Jawa. Pembangunan harus dilakukan secara merata hingga tempat-tempat terisolasi. Tidak boleh ada satu pun yang tertinggal dalam pembangunan.

“Saya ingin setiap warga mendapat pelayanan yang setara dalam pembangunan. Karena membangun Indonesia adalah membangun seluruh Tanah Air Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam peringatan hari ulang tahun ke-17 DPD RI, Jumat (1/10/2021).

Jokowi mengungkapkan negara harus memberi pelayanan, akses pendidikan, akses kesehatan, dan pekerjaan yang layak bagi seluruh masyarakat. Oleh karenanya, hak-hak itu harus diberikan tanpa pengecualian.

“Makanya, di hari jadi DPD ini, saya mengajak DPD RI untuk memperbaiki pelayanan dan meningkatkan eksistensinya kepada setiap warga negara. Karena sya percaya DPD punya posisi strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Apalagi, harapan dan ekspektasi masyarakat di seluruh penjuru Indonesia semakin tinggi, ini membutuhkan respons kelembagaan yang cepat,” ucap Jokowi.

Jokowi menilai DPD bisa mendorong pemerintah daerah untuk bekerja lebih baik dalam memberi pelayanan. Ia meminta DPD menyokong pelayanan pemerintah daerah yang lebih inovatif.

“Sehingga mampu memberikan pelayanan yang inklusif untuk mempercepat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia. Karena DPD memiliki posisi serta kontribusi yang sangat penting dan strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutup Jokowi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button