Masyarakat Diminta Waspada Situs Palsu PeduliLindungi

JagatBisnis.com –   Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menemukan satu lagi situs palsu yang mencatut nama PeduliLindungi, yaitu pedulilindungiq.com. Bahkan, dari situs tersebut mewajibkan pembayaran sebesar Rp1 juta untuk pendaftaran vaksinasi Covid-19.

“Aplikasi PeduliLindungi dan situs pedulilindungi.id yang resmi tidak melakukan pemungutan biaya untuk keperluan apapun kepada para pengguna. Ini termasuk untuk keperluan pendaftaran vaksin,” kata Juru Bicara Kemkominfo, Dedy Permadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (6/10/2021).

Dedy menegaskan situs pedulilindungiq.com bukan situs yang digunakan pemerintah dalam mendukung penanganan Covid-19.
Karena isi dan informasi di situs palsu itu tidak terkait dengan situs resmi PeduliLindungi yaitu pedulilindungi.id, serta tidak terkait dengan upaya pemerintah menangani Covid-19 dalam bentuk apapun.

“Kami juga sudah melakukan pemutusan akses terhadap situs yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tema yang mirip dengan situs resmi PeduliLindungi tersebut. Makanya, kami meminta masyarakat untuk hanya mengakses situs resmi PeduliLindungi di pedulilindungi.id, tanpa huruf “q” dan tidak menggunakan “.com”, serta mengunduh aplikasi resminya di App Store dan Google Play Store,” pungkas Dedy. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button