Masyarakat Diminta Tak Sebarkan Info tentang Merapi Selain dari BPPTKG

jagatBisnis.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Munardo memastikan semua informasi tentang perkembangan aktivitas Gunung Merapi hanya boleh disampaikan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

“Kita semuanya sepakat tadi bahwa informasi tentang perkembangan Gunung Merapi hanya disampaikan oleh Kepala BPPTKG,” kata Doni saat ditemui di tempat pengungsian sementara di Balai Desa Balerante, Klaten, Jawa Tengah, Kamis, 19 November 2020.

Doni pun tidak membolehkan mengutip informasi maupun menyampaikan informasi dari luar BPPTKG agar kepastian data dan informasi itu tidak menimbulkan kekhawatiran dan kepanikan.

 

Photo :

  • VIVA/Fajar Sodiq

“Informasi-informasi yang disampaikan bisa membuat masyarakat menjadi tenang dan lebih siap. Ketika ada kejadian lebih tinggi maka bisa mengambil langkah yang tepat,” ujarnya.

Sebelum mengunjungi lereng Gunung Merapi, Doni Munardo pada Kamis pagi meninjau kantor BPPTKG di Yogyakarta. Kedatangan dia untuk melihat dari dekat perkembangan aktivitas Gunung Merapi.

“Kami meninjau di BPPTKG yang menjelaskan kemampuan untuk mengikuti perkembangan detik demi detik, menit demi menit, dan jam demi jam selama 24 jam aktivitas Gunung Merapi,” ujarnya.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button