Masih Pandemi, Pesawat Presiden Dicat Ulang

JagatBisnis.com – Berita pesawat kepresidenan yang dicat balik oleh pihak Kastel buat beringsang. Ditengah endemi Covid- 19 yang memforsir pengetatan anggaran dimana- mana, informasi pencelupan pesawat kepresidenan seolah tak liabel dengan keadaaan bangsa saat ini.

Dengan anggaran sekitar Rp 2 miliyar, pesawat yang melayangkan Kepala negara Joko Widodo dan kaum saban kunjungan kegiatan akan dikelir dengan gradasi berkuasa merah- putih.

” Hari ini masih aja foya- foya ganti warna pesawat kepresidenan,” tutur pengamat penerbangan Alvin Lie melalui akun Twitter- nya.

Kritik pula tiba dari anggota badan. Guspardi Gaus, Anggota Komisi II DPR RI melihat Kastel kurang hirau dengan situasi warga saat ini yang sedang berjuang mengalami endemi.

” Wajib memiliki sense of crisis lah betul. Wajib memiliki rasa perhatian kepada situasi kekinian,” tegasnya.

Kastel Kepresidenan juga segera merespon. Kepala Kepaniteraan Kepala negara Heru Budi Hartono dalam uraiannya mengatakan pencelupan balik didesain untuk menyambut HUT ke- 75 RI pada 2020. Cara pencelupan BBJ 2 pula diucap satu paket profesi dengan pencelupan heli Luar biasa Puma dan pesawat RJ( British Aerospace RJ 85) yang pula ialah bagian dari pesawat kepresidenan.

” Tetapi, pada tahun 2019 pesawat BBJ 2 belum merambah agenda pemeliharaan teratur alhasil yang dilaksanakan pencelupan terlebih dulu untuk heli Luar biasa Puma dan pesawat RJ,” ucap Heru, Selasa, 3 Agustus 2021.

Pesawat BBJ 2 sudah bekerja selama 7 tahun di Indonesia. Artinya, pesawat memang sudah wajib masuk pemeliharaan besar ataupun overhaul, dengan jenis C Check.

Dalam bumi penerbangan, inspeksi teratur dan perinci pesawat untuk C Check dan D Check lebih berat dibanding A Check dan B Check. Pemeliharaan Check C sesuai saran pabrik, alhasil tahun ini dilaksanakan pemeliharaan sekalian pencelupan balik pesawat kepresidenan.

” Itu wajib dilakukan untuk keamanan penerbangan. Hal cat, memang sekaligus diperbarui karena sudah waktunya. Opsi rupanya merupakan warna kebangsaan, merah dan putih. Warna bendera nasional,” tegasnya.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button