Masih Banyak Perusahaan Bayar THR Nyicil pada Karyawannya

JagatBisnis.com – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan masih banyak industri yang melunasi Bantuan Hari Raya( THR) 2021 dengan cara dicicil pada para pekerja.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi Posko THR Keimanan 2021 Kemenaker sejak 20 April sampai 12 Mei terdaftar terdapat 2. 897 informasi yang terdiri dari 692 diskusi tentang THR dan 2. 205 aduan THR.

” Dari informasi itu, setelah kita jalani konfirmasi dan pengesahan dengan melihat pandangan keseluruhan informasi pula melihat terdapatnya penggandaan kompetisi dan repetitif aduan hingga didapat informasi kompetisi sejumlah 977,” tuturnya saat rapat pers, Rabu, 12 Mei 2021.

Dari laporan- laporan ini, Ida merincikan, 5 rumor terbesar terkait THR untuk pekerja. Ialah terkait pekerja yang mengundurkan diri, untuk pekerja yang berakhir kontrak kerjanya, untuk pekerja yang dirumahkan, kalkulasi THR yang upahnya dicocokkan dan THR untuk pekerja yang berkedudukan ikatan kemitraan.

Sedangkan rumor yang terkait aduan merupakan tentang THR yang dibayar dengan cara mengangsur oleh industri, dibayar cuma 50 persen, THR dibayar tidak penuh karena terdapat penyembelihan gaji THR tidak dibayarkan satu bulan gaji dan THR tidak dibayar karena COVID- 19.

” Atas berbagai aduan itu penguasa melalui Kemenaker telah mengutip langkah- langkah konfirmasi pengesahan informasi dan informasinyanya ini berkoordinasi dengan disnaker wilayah dan lembaga terkait,” jelas Ida.

Untuk merespons informasi ini, Kemenaker dibilang Ida telah menurunkan tim pengawas ketenagakerjaan dan merumuskan saran ganjaran pada ketidakpatuahan pembayaran THR. Ini akan segera dilaksanakan usai hari Idul Fitri 2021.

” Kita akan melakukan rapat koordinasi dengan mengundang semua kepala dinas ketenagakerjaan provinsi dan Kabupaten Kota dan tim posko THR untuk kemajuan perbuatan lanjut penindakan pangaduan oleh wilayah, merumuskan rencana perbuatan lanjut dan saran pengenaan sanksinya,” ucapnya.

Ida menekankan, pembayaran THR penuh dan tepat durasi akan berakibat pada penyembuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, ia menekankan, penguasa memberikan penghargaan maksimal pada industri yang melunasi THR dengan cara penuh dan tepat durasi.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button