Manfaatkan Teknologi Kala Pandemi, Bea Cukai Banjarmasin Luncurkan Aplikasi SIM CINTA

JagatBisnis.com – Era kenormalan baru atau new normal yang saat ini sedang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai akibat dari pandemi Covid-19 menuntut adanya perubahan atau penyesuaian dalam banyak aspek kehidupan, termasuk di dalamnya penyesuaian terhadap pemanfaatan teknologi agar lebih efektif, efisien, dan aman.

Hal tersebut diyakini oleh Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin, Kurnia Saktiyono dan jajarannya. Sejalan dengan adaptasi era tersebut, menurut Kurnia di tahun 2021 ini Bea Cukai Banjarmasin hadir memberikan inovasi dalam pelayanan terbaru dengan berbasis Sistem SSO (single sign on) yang mengintegrasikan Aplikasi Izin Muat Ekspor, Aplikasi Izin Timbun Impor, Aplikasi Izin Bongkar, Aplikasi Izin Cek Lokasi, Aplikasi E-TPP, dan Aplikasi Buka Segel dalam Aplikasi SIM CINTA (System Information Monitoring Customs Integrated Application). “Nantinya, di dalam aplikasi tersebut juga akan dilengkapi dengan Aplikasi Barang Penumpang dan Aplikasi Perbaikan Manifest,” lengkapnya.

Sebagai implementasi dari pengembangan aplikasi SIM CINTA tersebut, pada Selasa (02/02) telah dilaksanakan peluncuran SIM CINTA Banjarmasin melalui aplikasi zoom yang diikuti oleh para pegawai di lingkungan Bea Cukai Banjarmasin dan para pengguna jasa di wilayah pengawasan Bea Cukai Banjarmasin. Dalam peluncuran tersebut, developer aplikasi SIM CINTA Banjarmasin, Ricki Indra dan pegawai dari seksi PDAD (pengolahan data dan administrasi dokumen), Makhi Mukhbitallah juga turut menyampaikan informasi terkait implementasi SIM CINTA Banjarmasin.

“Ke depannya, Bea Cukai Banjarmasin akan terus melakukan pengembangan inovasi-inovasi pelayanan dan pengawasan agar dapat mempermudah akses khususnya kepada para pengguna jasa dan kepada masyarakat pada umumnya. Diharapkan dengan dilaksanakannya peluncuran ini dapat menjadi babak baru dalam pengembangan inovasi pelayanan dan pengawasan di lingkungan Bea Cukai Banjarmasin agar dapat memberikan pelayanan dan pengawasan yang semakin baik dan maksimal di setiap kesempatan,” tutup Kurnia. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button