Lukisan Picasso Terjual Hampir 1,5 Triliun Rupiah

JagatBisnis.com – Sekitar 11 karya seni Pablo Picasso yang dimiliki MGM Resorts dan dipajang di Picasso Restaurant, Bellagio Hotel di Las Vegas telah laku terjual. Lukisan yang sudah dipajang selama lebih dari dua dekade itu berhasil di lelang dengan harga hampir USD110 juta setara Rp1,5 triliun.

Rumah lelang, Sothebey’s menjelaskan,
lelang dapat membantu meningkatkan keragaman koleksi seni rupa. Dalam lelang tersebut menampilkan 9 lukisan dan dua potong keramik milik seniman Spanyol yang telah meninggal pada tahun 1973. Koleksinya mencakup lebih dari 50 hasil artistik.

“Seperti lukisan Woman in a Red-Orange Baret, tahun 1938, menampilkan kekasih dan inspirasi Picasso, Marie-Thérèse Walter. Seseorang menawar dan mendapatkan harga tertinggi pada Sabtu (23/10/2021) malam. Lukisan itu terjual dengan harga USD40,5 juta atau Rp576 miliar,” paparmya.

Menurut rumah lelang itu, nilai penjualan itu
melebihi ekspektasi awal. Karena rencananya lukisan itu akan dijual dengan harga antara USD20 juta sampai USD3 30 juta (Rp284 miliar hingga Rp426 miliar.

“Mahakarya lainnya, potret dalam skala besar dengan judul Homme et Enfant (Pria dan anak) yang terjual seharga USD24,4 juta setara Rp347 miliar. Lukisan itu memilik tinggi hampir 2 m (6,5 kaki), karya tahun 1959. Lukisqn itu salah satu contoh sangat mengesankan dari pencapaian Picasso selama karirnya,” kata Sothebey’s.

Dingkapkan, masih termasuk dalam penjualan, karyanya yang berjudul ‘Nature morte au panier defruits et aux fleurs’ jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, berarti ‘Masih hidup dengan keranjang buah dan bunga’, yang dilukis oleh Picasso selama pendudukan Nazi di Paris pada tahun 1942. Terjual dengan harga USD16,6 juta setara Rp236 miliar.

“Meskipun ada kehancuran dan banyaknya kesulitan pada masa Perang Dunia Kedua, tahun-tahun 1940-1944 merupakan salah satu hasil terkaya Picasso. Koleksi lukisan Picasso dimulai lebih dari 20 tahun lalu oleh maestro kasino Amerika, Steve Wynn, mantan pemiliki hotel tersebut,” pungkasnya. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button