LKC DD Lakukan Berbagai Langkah Strategis Cegah Peningkatan Penderita Diabetes

JagatBisnis.com – Hari Diabetes Sedunia 2020 diperingati pada hari ini, Sabtu, 14 November 2020. Berkaitan dengan itu dr. Yeni Purnamasari, MKM selaku General Manager Kesehatan Dompet Dhuafa mengungkapkan bahwa secara resmi WHO (World Health Organization) di tahun 2018 menyampaikan ada 36 juta jiwa per tahun meninggal akibat PTM (Penyakit Tidak Menular) pada tahun 2016, dari data ini 6% diakibatkan oleh diabetes.

“Di banyak negara khususnya di negara berkembang, PTM telah menjadi isu strategis dalam agenda SDGs (Sustainable Development Goals) 2030. Hal itu sejalan dengan visi dan misi kesehatan Dompet Dhuafa yaitu peningkatan derajat kesehatan melalui transformasi layanan yang mendorong perilaku hidup sehat, pelibatan modal sosial, inisiasi berkelanjutan dan terukur sebagai model holistik gerakan kesehatan dunia,” ungkap Yeni, Sabtu (14/11).

Yeni menjelaskan program Dompet Dhuafa sejalan dengan rencana SDGs 2030 yaitu mengurangi hingga sepertiga angka kematian dini akibat penyakit tidak menular, melalui pencegahan dan pengobatan, serta meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan. Semua itu sejalan pula dengan program pencegahan penyakit tidak menular Kementerian Kesehatan yaitu dengan menerapkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), dengan semboyan Cerdik dalam kehidupan sehari-hari.

“Dompet Dhuafa telah menandatangai MoU (Memorandum of Understanding) dengan Kementerian Kesehatan untuk upaya pengelolaan faktor resiko PTM tahun 2016-2021, yang akan dilaksanakan di setiap wilayah LKC (Layanan Kesehatan Cuma-Cuma) yang merupakan jejaring kesehatan Dompet Dhuafa dalam pelaksanaan progam kesehatan). Kami juga membangun kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskemas (Pusat Kesehatan Masyarakat) di setiap wilayah program yang sedang atau akan dikerjakan dengan melakukan FGD (Focus Group Discussion) dan pembuatan MoU,” lanjut Yeni.

Lebih lanjut Ia juga menerangkan di LKC memiliki program Pos Sehat PTM yang sampai saat ini terdapat 46 Pos Sehat di 11 LKC di Indonesia. Selain itu ada juga program Kawasan Sehat, melalui program ini dilakukan implementasi kategori pengelolaan PTM dengan deteksi dini resiko PTM yang fokus pada diabetes dan hipertensi.

“Total penerima manfaat Pos Sehat PTM sampai saat ini terdapat 11.575 jiwa layanan yang tersebar di 11 wilayah. Dengan layanan yang diberikan berupa skrining resiko PTM, senam sehat, edukasi gizi seimbang dan menggerakkan partisipasi masyarakat melalui Pos Sehat Bindu PTM, serta kami juga melaksanakan edukasi peningkatan pengetahuan masyarakat yang salah satunya seminar PTM yang di gawangi oleh LKC Jawa Barat pada tahun ini, tepatnya di peringatan Hari Diabetes Sedunia, 14 November 2020” terang Yeni.

Kemudian di akhir keterangan Ia mengatakan bahwa di era pandemi Covid-19 dan adaptasi kebiasaan baru, banyak perubahan strategi yang perlu dilakukan, mengingat terdapat resiko penyebaran Covid-19 di kelompok rentan, salah satunya penderita PTM. Program yang dilakukan sekarang ini adalah berupa aktivasi Pos Sehat bindu PTM di wilayah binaan Dompet Dhuafa, yang dilakukan secara mobile dari rumah ke rumah dengan persiapan, koordinasi pihak terkait dan disiplin mematuhi Protokol Kesehatan. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button