Libur Nataru, Menteri PAN-RB Perketat PNS Cuti dan Keluar Kota

jagatBisnis.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, menerbitkan surat edaran (SE) terkait pembatasan kegiatan bagi pegawai negeri sipil alias PNS di seluruh Indonesia. Bunyi surat edaran itu, selain pembatasan kegiatan keluar daerah, juga pengetatan pemberian cuti selama hari raya libur Natal dan Tahun Baru 2021.

“Dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19 yang berpotensi meningkat dikarenakan perjalanan orang selama hari raya Natal dan Tahun Baru 2021, perlu dilakukan pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah, dan pengetatan pemberian cuti,” demikian bunyi Surat Edaran Menpan RB, Tjahjo Kumolo, seperti yang diterima wartawan, Senin 21 Desember 2020.

Lewat surat tersebut, Tjahjo mengatakan, pengetatan cuti bersama ini sejalan dengan Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2020. Pejabat pembina kepegawaian juga diminta mengawasi PNS melakukan pengaturan secara ketat.

Selain itu, kata Tjahjo, jika ada hal-hal mendesak keluar kota, diwajibkan untuk memperhatikan peta zona risiko penyebaran COVID-19 di tiap daerah.

“Apabila terdapat pegawai aparatur sipil negara yang melanggar hal tersebut, maka yang bersangkutan diberikan hukuman disiplin sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010,” kata dia.

Adapun masa berlaku surat edaran ini hingga 8 Januari 2021.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button