Lewat Google, Banyak Warganet Indonesia Cari Tahu Kapan Covid-19 Berakhir

JagatBisnis.com – Pandemi Covid-19 membuat masyarakat dunia, termasuk Indonesia haus akan informasi seputar virus ini. Sehingga membuat orang-orang mencari di mesin pencari Google. Kata kunci yang dicari masyarakat terkait pandemi Covid-19 dalam setahun terakhir bahkan melebihi pencarian tentang cuaca yang biasanya selalu menjadi pencarian terbesar.

Data Editor Google News Lab, Simon Rogers menyebutkan, data tersebut dihimpun dari Google Trends selama periode 1 Januari 2020 hingga 31 Januari 2021 atau selama 13 bulan. Data itu dilaporkan dalam bentuk grafik statistik tentang topik-topik yang paling banyak dicari oleh pengguna Google.

“Ini terjadi di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Pencarian dapat ditampilkan berdasarkan bahasa, lokasi dan periode tertentu,” katanya dalam dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/2/2021).

Menurut Simon, masyarakat Indonesia juga turut berperan aktif dalam mencari informasi Covid-19 di laman Google Search. Indonesia menempati peringkat ke-9 dalam mencari kata kunci “Masker”, di atas Inggris Raya dan di bawah Romania. Posisi teratas untuk kata kunci Masker sendiri ditempati Hong Kong.

“Ada 7 kata pencarian seputar virus corona yang paling banyak dicari di Indonesia, antara lain apa itu virus corona, kapan corona berakhir, cara mencegah virus corona, penyebaran virus corona, penyebab virus corona, bagaimana awal penyebaran virus corona dan apa gejala virus corona,” terang Simon.

Diungkapkan, secara umum, pencarian tentang topik virus corona diawali dengan pertanyaan seputar “apa”, seperti ” apa itu virus corona”, “apa gejalanya”, dan lainnya.

Kemudian, pencarian mulai merambah menjadi seputar “bagaimana”, seperti “bagaimana membuat masker wajah”, “bagaimana membuat hand sanitizer”, dan lainnya. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button