Lewat CVC, Bea Cukai Tingkatkan Intimasi dengan Pengguna Jasa

JagatBisnis.com –  Sebagai instansi pemerintah yang memiliki tugas salah satunya memberikan pelayanan kepada masyarakat (pengguna jasa), Bea Cukai tak luput dari tuntutan untuk selalu memberikan pelayanan yang prima tanpa mengabaikan aspek pengawasan. Bentuk konkrit pelayanan prima yang terus dilakukan oleh Bea Cukai adalah kegiatan customs visit customer (CVC). CVC merupakan salah satu sarana asistensi dan edukasi sekaligus ajang menjalin komunikasi dengan pengguna jasa.

Kali ini, kegiatan CVC dilakukakan oleh Bea Cukai Pasuruan. Pada kesempatan pertama, Bea Cukai Pasuruan melakukan studi lapangan ke perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat, PT Guntner Indonesia. “Studi lapangan ini sangat penting khususnya dalam rangka penggalian potensi penerapan national logistic ecosystem (NLE) di kawasan berikat. Pada kunjungan ini, setelah dilakukan diskusi interaktif yang lebih mendalam dan mendapat masukan baik dari PT Guntner Indonesia, kami menegaskan komitmen kami untuk terus mengoptimalkan pengawasan dan pelayanan dalam rangka mewujudkan sistem logistik yang lebih baik kedepannya,” jelas Kepala Kantor Bea Cukai Pasuruan, Hannan Budiharto.

Selanjutnya, Bea Cukai Pasuruan mengunjungi sebuah industi kecil menengah (IKM) di daerah Kecamatan Sukorejo. Pengusaha IKM yang dikunjungi bergerak di bidang produksi kapuk. Setelah sosialisasi ekspor secara one-on-one dilaksanakan, pengusaha mengajak tim Bea Cukai Pasuruan untuk mengamati proses bisnis perusahaan secara langsung. Hasil pengamatan ditindaklanjuti oleh tim dengan memberikan asistensi kepada pengusaha IKM terkait potensi serta prosedur ekspor.

Pada kesempatan berikutnya, Bea Cukai Pasuruan melakukan sosialisasi dan asistensi kepada PT Scandinavian Tobacco Group terkait authorized economic operator (AEO). Program AEO merupakan bentuk kerjasama Bea Cukai dan dunia usaha untuk mengembangkan inisiatif dan mengimplementasikan praktek business yang berorientasi pada pengamanan risiko-risiko pada pengiriman barang,

Selain Bea Cukai Pasuruan, Bea Cukai Tual melakukan kunjungan ke PT Samudera Indo Sejahtera bersama Deputi Bidang Koordinasi Sumberdaya Maritim. Pada kunjungan tersebut, dilakukan peninjauan lokasi guna melihat langsung beragam fasilitas yang ada dan mendengarkan pemaparan oleh PT Samudera Indo Sejahtera. “Bagi kami, intimasi dengan pengguna jasa adalah hal yang sangat penting. Dengan adanya kegiatan CVC ini, kami harap dapat menjalin komunikasi yang baik serta dapat memberikan dampak positif kepada pengguna jasa,” pungkas Kepala Kantor Bea Cukai Tual, Hari Setiayadi.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button