Lembah Terpencil Ini Jadi Benteng Pertahanan Melawan Taliban

JagatBisnis.com –  Ribuan wajib militer anti- Taliban dikabarkan masih bertempur dengan kelompok yang saat ini memahami Afganistan itu di sebuah ngarai terasing, sekitar 48 kilometer dari bunda kota Keikhlasan.

Ini bukan awal kalinya Ngarai Panjshir yang memiliki lanskap luar biasa jadi salah satu titik pergolakan di Afghanistan.

Ngarai ini ialah baluarti melawan gerombolan Uni Soviet pada dasawarsa 1980- an dan pertahanan melawan Taliban pada tahun 1990- an.

Kelompok yang bertahan di situ saat ini merupakan Front Perlawanan Nasional Afghanistan( NRF). Belum lama ini mereka menegaskan khalayak seberapa kokoh ngarai itu.

” Angkatan Merah( julukan untuk gerombolan Soviet) dengan kekokohannya tidak bisa mengalahkan kita dan pula Taliban 25 tahun yang lalu,” tutur Ali Nazary, kepala ikatan luar negara NRF pada BBC.

” Mereka berupaya mengutip ganti ngarai dan mereka gagal, mereka mengalami kegagalan jitu,” ucapnya.

Ngarai yang jauh, dalam, dan berpasir ini menghampar sekitar 120 kilometer. Lokasinya terletak di bagian utara Keikhlasan.

Ngarai ini dilindungi pucuk gunung yang menjulang sampai 3. 000 meter. Uraikan alam ini merupakan penghalang natural yang bergengsi, sekalian proteksi untuk banyak orang yang bermukim di situ.

Cuma terdapat satu jalur kecil di dalamnya, yang berkelok- kelok di antara singkapan batu besar dan Bengawan Panjshir yang berkelok- kelok.

” Terdapat pandangan misterius di semua zona. Ini tidak terdiri satu ngarai saja,” tutur Shakib Sharifi, masyarakat Afghanistan yang sempat bermukim di situ.

” Sedemikian itu Kamu masuk ke dalamnya, paling tidak terdapat 21 sub- lembah lain yang tersambung,” ucap Sharifi yang berkelana setelah Taliban mengutip ganti wilayah itu.

Di akhir terjauh ngarai utama, ada jalur selangkah yang memanjat ke Antara Anjoman setinggi 4. 430 meter. Jalur ini membidik lebih jauh ke timur ke pegunungan Hindu Kush.

Gerombolan Alexander Agung dan Tamerlane, para penakluk Asia Tengah terakhir, sempat melampaui rute ini.

” Dengan cara historis, Ngarai Panjshir pula dikenal dari pabrik pertambangannya, antara lain yang menciptakan adiratna semi agung,” tutur Elisabeth Leake, guru besar sejarah global di University of Leeds.

Pengungsi Afghanistan menurunkan C- 17 Globemaster lll 23 Agustus 2021, di Pos Udara Angkatan laut(AL) Udeid, Qatar. Lukisan didapat 23 Agustus 2021 Angkatan Udara AS atau Astronaut Kategori 1 Kylie Barrow atau via Reuters.( USÂ Air Force via Reuters)

Apa Maksud Batas waktu Durasi Pencabutan Gerombolan AS di Afghanistan?

ISIS Luncurkan Bomber di Lapangan terbang Keikhlasan Afghanistan

Saat ini ada tanggul generator listrik daya air dan kincir angin di ngarai itu. Amerika Sindikat membahu anggaran pembangunan jalur dan tower radio yang menyambut tanda dari Keikhlasan.

Bekas pos udara AS di Bagram, yang awalnya dibentuk Uni Soviet pada tahun 1950- an terletak dekat mulut ngarai.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button