Lebih Akurat dari PCR, Kalbe Luncurkan Tes Covid-19 Pakai Sampel Air Liur

JagatBisnis.com – PT Kalbe Farma Tbk meluncurkan tes diagnostik COVID-19 berteknologi mutakhir karya anak bangsa pertama dengan sampel air liur (saliva). Tes diagnostik COVID-19 dengan sampel air liur ini menggunakan metode RT LAMP (Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification) yang dapat mendeteksi secara spesifik asam nukleat yang merupakan material genetik dari virus SARS CoV-2.

RT LAMP adalah tes molekular yang termasuk dalam kategori NAAT (Nucleic Acid Amplification Test) bersama dengan RT–PCR dan TCM sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 01.07/ MENKES/ 446/2021. Sebagai tes molekuler, akurasi metode RT LAMP ini jauh lebih baik dibandingkan rapid tes antigen yang mendeteksi protein virus

Irawati Setiady, Presiden Komisaris PT Kalbe Farma mengatakan, RT LAMP dengan sampel air liur saliva ini menawarkan banyak keunggulan dan kenyamanan bagi pasien, yaitu nyaman dan praktis, akurasi tinggi, cepat dan ekonomis. “Dengan segala fitur unggulan ini, diharapkan RT LAMP saliva bisa menjangkau masyarakat lebih luas,” kata Irawati.

Senada, Sie Djohan, Direktur PT Kalbe Farma mengatakan, bahwa tes diagnostik COVID-19 dengan sampel saliva ini merupakan terobosan inovatif hasil karya Anak Bangsa, yang dikembangkan oleh tim riset dan pengembangan Kalbe yaitu SCI (Stemcell and Cancer Institute) melalui serangkaian proses pengujian sesuai dengan ketentuan.

Kit untuk pemeriksaan tersebut telah mendapatkan ijin edar resmi dari Kementrian Kesehatan RI dengan nomor AKD 20303120508 yang diproduksi oleh PT Kalgen DNA dan akan dipasarkan dengan merk ELVA DIAGNOSTIC SARS CoV 2 Saliva Nucleic Acid Test Kit oleh PT Enseval Medika Prima.

“Layanan pemeriksaan baru RT LAMP Saliva bisa didapatkan di Laboratorium Klinik Kalgen Innolab (Laboratorium Kalbe Farma) dengan merk InnoLAMP yang melayani masyarakat umum maupun sebagai rujukan dari fasilitas kesehatan yang bekerjasama, terutama untuk area Jabodetabek,” ucapnya.

Direktur PT. Innolab Sains Internasional (KALGen Innolab) Henry Sukardi menerangkan tes saliva buatan Kalbe dibandrol dengan harga Rp488.000. “Namun untuk masa pengenalan maka kami berikan biaya khusus kepada masyarakat hingga 31 Maret sebesar Rp400.000,” sebutnya.

Layanan ini tersedia dalam bentuk drive thru Pulomas dan Puri Indah. Kemudian home service di wilayah Jabodetabek, serta ada di 7 outlet KALCare PIM, Lotte, Avanue, BXC Bintaro, Lippo PURI, Bekasi, Depok, dan Aeon Sentul City. InnoLAMP juga akan tersedia di layanan kesehatan seperti halodoc, klik dokter, sehatku, tiket.com. Kerja sama juga akan dikembangkan di lebih dari 480 faskes seperti rumah sakit, laboratorium, dan klinik di seluruh Indonesia.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button