Lagi, Astra Financial Kerja Sama dengan Mako Kostrad untuk Bagikan Sembako Kepada Terdampak Covid-19

JagatBisnis.com –   Astra Financial sebagai salah satu dari tujuh divisi di Grup Astra di bawah PT Astra International Tbk, melakukan kerja sama dengan Markas Komando (Mako) Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) untuk membantu meringankan beban masyarakat di beberapa tempat dengan menyalurkan 1.000 paket sembako.

Astra Financial yang diwakili oleh Compliance & Risk Management Director Asuransi Astra Adi Sepiarso, Chief of Corporate Communication and Corporate Social Responsibility FIFGROUP Yulian Warman dan SVP Corporate Secretary Asuransi Astra Eddy Ismanto, secara simbolis memberikan paket sembako kepada masyarakat didampingi oleh Komandan Aster Kostrad Aster Kaskostrad Brigadir Jendral (Brigjen) TNI Novi Rubadi Sugito, bertempat di Mako Kostrad, Jakarta Pusat, Jumat, 26 Februari 2021.

Kegiatan penyerahan bantuan paket sembako sebanyak 1.000 paket dari Astra Financial ini berasal dari PT Federal International Finance (FIFGROUP), PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) dan PT Astra Sedaya Finance (ACC) dan merupakan program lanjutan dari beberapa kerja sama sinergis dengan yang sudah terlebih dahulu dilakukan.

Sebelumnya, memasuki kondisi Covid-19, Astra Financial telah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak mulai bulan April 2020, yaitu 10.000 paket sembako senilai Rp 2 miliar untuk Sumatera Utara (Sumut) yang diserahkan langsung kepada Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Kemudian pada Juni 2020, Asuransi Astra juga menyerahkan bantuan sembako sebanyak 1.000 paket kepada masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Kostrad Cibinong.

Sehingga dengan adanya penyerahan 1.000 paket sembako pada hari ini, maka total bantuan sembako seluruh grup Astra Financial hingga Bulan Februari 2021 di seluruh Indonesia telah mencapai 75.812 paket dengan nilai Rp 15,112 miliar.

Pada Juli 2020, 10 Lembaga Jasa Keuangan (LJK) Astra Financial juga melakukan sumbangan hewan kurban dalam rangka Idul Adha di berbagai tempat dengan menyerahkan 18 ekor sapi dan 782 ekor kambing kepada masyarakat termasuk di sekitar Kompleks Kostrad TNI-AD Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Dengan rincian sebagai berikut : FIFGROUP sebanyak 2 ekor sapi 537 ekor kambing di 242 titik, ACC sebanyak 3 ekor sapi 194 ekor kambing di 76 titik, TAF sebanyak 2 ekor sapi 4 ekor kambing di 5 titik.

Asuransi Astra sebanyak 1 ekor sapi 2 ekor kambing di 2 titik, KAF sebanyak 1 ekor sapi di 1 titik, SANF sebanyak 1 ekor sapi di 1 titik, AMV sebanyak 1 ekor sapi, dan SERA sebanyak 7 ekor sapi 45 ekor kambing di 40 titik. Bantuan tersebut diserahkan secara bertahap mulai 29 Juli 2020 sampai dengan 03 Agustus 2020.
Seluruh penyelenggaraan program bantuan Astra Financial ini seiring dengan meningkatnya data masyarakat terdampak Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia. Konsep berbagi ini sesuai dengan motto Nurani Astra “Berbagi Untuk Negeri”.

Sementara itu, Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito, mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang sinergis antara Astra Financial dan Kostrad dalam berbagi dengan masyarakat sekitar termasuk kompleks Kostrad di Jakarta.
“Kami berterima kasih kepada Astra Financial sehingga kegiatan pada hari ini dapat terlaksana dengan baik, dan kami berharap kedepannya sinergi positif ini dapat terus terjalin sehingga lebih banyak lagi kebaikan yang dapat disebarluaskan bersama,” ujar Brigjen Novi Rubadi Sugito.

Dalam melakukan penyerahan bantuan ini Astra Financial dan Kostrad menggunakan protokol kesehatan, termasuk social distancing, penggunaan masker dan cuci tangan.

Sejak bulan April 2020
Sebelumnya, pada tanggal 27 April 2020, Grup Astra di bawah komando PT Astra International Tbk pada tahap pertama telah membagikan 30 ventilator kepada 3 rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19 di Jakarta, yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto (15 unit), Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet (10 unit) dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso (5 unit) yang bertujuan untuk membantu pasien positif Covid-19 yang dirawat di institusi kesehatan tersebut.

Kemudian, 10 ventilator tahap kedua telah disalurkan ke Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua pada Bulan Juni dan Juli lalu. Pada tahap ketiga, Grup Astra juga menyerahkan 43 unit ventilator untuk tujuh provinsi di Indonesia. Hingga saat ini, Astra melalui Nurani Astra telah menyerahkan bantuan senilai Rp131 miliar.

Director-in-Charge Astra Financial Suparno Djasmin mengatakan : “Sesuai dengan arahan Astra International Tbk, Astra Financial berkomitmen untuk dapat terus hadir bagi masyarakat khususnya dalam kondisi yang sulit ini. Kami berharap seluruh bantuan Astra Financial ini dapat bermanfaat dengan sebaik-baiknya bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 di seluruh Indonesia,” tutur Suparno.

Sebelumnya, Astra Financial yang terdiri dari 10 Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yaitu FIFGROUP, ACC, TAF, Asuransi Astra, Astra Life, SANFinance, Komatsu Astra Finance (KAF), Astra Ventura, Dana Pensiun Astra (DPA) dan Maucash, juga telah melakukan pemberian bantuan ventilator sebanyak 18 unit ventilator yang berasal dari FIFGROUP sebanyak 8 unit, ACC sebanyak 6 unit dan Asuransi Astra sebanyak 4 unit ke Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Sumatera Utara, Singkawang, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Bali serta Jogjakarta. Selain itu, Astra Financial juga memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) di berbagai Rumah Sakit di beberapa Provinsi dan Ambulance Gawat Darurat kepada Rumah Sakit Saint Carolus (RSSC).(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button