Labu Raksasa Seberat 1.226 Kg, Pecahkan Rekor Dunia

JagatBisnis.com – Perayaan Halloween identik dengan labu berukir wajah seram alias Jack-o-Lantern. Namun Jack-o-Lantern yang dibuat dengan labu milik Stefano Cutrupi, petani asal Italia, tentu bakal lebih seram dari ukiran labu biasa. Karena labu hasil panennya baru saja memecahkan rekor sebagai labu terberat di dunia. Berat labu itu mencapai 1.226 kilogram (kg), beratnya serata dengan mobil.

Stefano Cutrupi menceritakan, sejak 2008, labu jenis raksasa Atlantik ini ditanam sedari biji yang kemudian berkecambah pada Maret. Pada Juli, ia punya firasat labu bakal pecahkan rekor dunia. Labu raksasa pun jadi bukti kesuksesan Cutrupi, apalagi mengingat Italia dihadapkan pada cuaca menantang dengan 48,8 derajat Celcius pada Agustus 2021.

Berita Terkait

“Semua waktu saya dedikasikan untuk kultivasi, untuk mencari ide-ide baru, waktu yang dihabiskan untuk membandingkan diri saya dengan petani lain, pengorbanan saya, dan pengorbanan orang-orang terdekat saya,” kata Cutrupi seperti dikutip dari laman resmi Guinness World Record.

Dia menjelaskan, labu raksasa tersebut dibawa ke festival labu Campionato della Zuccone ke-10 di Peccioli, pada September 2021 lalu. Labu di kompetisi ini dinilai oleh Great Pumpkin Commonwealth. Cutrupi memilih membelakangi layar saat sesi penimbangan labu.

“Ketika teman-teman dan penonton melihat beratnya, mereka menghujani saya dengan perayaan. Saat itu saya tahu saya telah berhasil. Saya pun langsung berteriak sampai kehilangan suara,” imbuhnya.

Menurutnyq, tidak hanya mendapat posisi teratas, labu itu juga menempati tempat kedua dan ketiga dengan bobot masing-masing 978,99 kilogram dan 794,51 kilogram. Sehingga rekor labu raksasa ini menyingkirkan pemecah rekor sebelumnya. Travis Gienger asal AS memanen labu seberat 1.065,9 kilogram.

“Setelah penimbangan resmi di California, labu dibawa pulang ke kampung halaman Gienger di Anoka, Minnesota. Di Halloween Capital of the World ini, saya meminta teman dan pemahat labu berpengalaman Mike Rudolph untuk menyulap labu jadi Jack-o-Lantern bertema kucing. Maka, jadilah labu bertajuk ‘Tiger King’ ini dibawa dalam parade All Hallows Eve ke 100,” pungkasnya. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button