Laboratorium SNSU Jadi Sejarah Baru Pembangunan Infrastruktur Mutu Indonesia

jagatBisnis.com — Meskipun masih pandemi Covid-19, Badan Standardisasi Nasional (BSN) mencatatkan sejarah baru di bidang infrastruktur mutu. Pada acara puncak peringatan Bulan Mutu Nasional (BMN), Gedung Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) diresmikan. Peresmian dilakukan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, di Serpong, Tangerang, Banten, Rabu (04/11/2020).

“Secara tidak langsung, peresmian gedung ini akan mendukung peningkatan daya saing nasional. Ini salah satu bukti, BSN berkontribusi dalam percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” katanya usai meresmikan gedung tersebut.

Menurutnya, keberadaan Laboratorium SNSU akan melengkapi keberadaan laboratorium acuan pengukuran dan kalibrasi yang sudah ada. Sehingga dapat memperkuat ketertelusuran pengukuran dengan standar satuan internasional. Selain itu, kualitas ketertelusuran hasil pengukuran di bidang kimia dan biologi juga akan meningkat.

“Laboratorium ini harus bisa memperkuat standardardisasi, riset dan inovasi, khususnya di bidang bidang kesehatan. Sehingga dapat memperkuat dukungan untuk penanganan Covid-19. Dengan begitu, kita tak lagi bergantung kepada negara lain seperti yang dilakukan selama ini,”’ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BSN Kukuh S. Achmad, menambahkan, Laboratorium SNSU memiliki peran strategis sebagai acuan nasional dalam kegiatan kalibrasi yang dilakukan oleh laboratorium-laboratorium kalibrasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pengelolaannya juga dilakukan dengan menerapkan dan mengacu kepada persyaratan yang berlaku secara internasional.

“Sehingga hasil dari pengukuran dan kalibrasi yang dilakukan dapat diakui secara internasional. Apalagi, sampai saat ini, pengelolaan SNSU di Indonesia telah mendapatkan pengakuan internasional untuk 140 kemampuan pengukuran dan kalibrasi. Hal itu meliputi 7 bidang pengukuran dan kalibrasi panjang,” pungkasnya. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button