Kurban Online BAZNAS Dorong Peningkatan Omzet Peternak Mustahik di Garut

JagatBisnis.com – Penjualan ternak domba Balai Ternak BAZNAS Garut mengalami peningkatan signifikan pada saat momen kurban tahun 2021. Hal ini juga tidak lepas dari keikutsertaan Balai Ternak BAZNAS Garut menjadi mitra Pelaksana Kurban Online BAZNAS 1442 H/2021.

Pendamping Balai Ternak Garut, Gagan menyebut ternak yang dihasilkan dari program penggemukan dan pembiakan dibeli BAZNAS sebagai ternak kurban untuk kegiatan Kurban Online BAZNAS. Selain menyuplai kebutuhan ternak Balai Ternak BAZNAS Garut juga melakukan kegiatan penyembelihan hingga pendistribusian kepada masyarakat. Terhitung sebanyak 1.870 keluarga merasakan manfaat dari daging kurban yang didistribusikan oleh Balai Ternak BAZNAS Garut.

“Pada tahun ini, Balai Ternak BAZNAS Garut menyuplai kebutuhan Kurban Online BAZNAS sebanyak 115 ekor domba, 6 ekor sapi untuk kurban korporasi, dan 14 ekor kepada perorangan di wilayah Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis,” ujar Gagan, Jumat (30/7).

Dari penjualan ternak dan pelayanan pemotongan hingga pendistribusian hewan kurban pada tahun 2021 ini, Balai Ternak BAZNAS Garut mampu menorehkan omzet penjualan hingga Rp 330 juta. Jumlah ini meningkat 62.12 % dibandingkan tahun lalu sebesar Rp205 juta.

Hasil dari penjualan ternak nanti akan menjadi penambahan pendapatan bagi peternak mustahik yang ada di Balai Ternak BAZNAS Garut dan dapat mempercepat kemandirian peternak secara ekonomi.

Gagan juga menambahkan peningkatan omzet penjualan ini tidak terlepas dari peningkatan populasi ternak dari hasil pembiakan dan penggemukan yang dilakukan oleh peternak mustahik. Peternak sudah disiplin dalam memberikan pakan dan penerapan manajemen pemeliharaan sesuai SOP sehingga kualitas ternak dan populasi terus meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.(Hab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button