Kolaborasi Kebaikan Dompet Dhuafa dan Tokopedia Hadirkan Lampu UV-C untuk Fasilitas Publik

JagatBisnis.com –   Beberapa waktu kebelakang, saat angkat penularan Covid-19 di Indonesia kembali meningkat, pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat (PPKM) Darurat yang kini berganti dalam beberapa level. Peningkatan ini mengharuskan masyarakat kembali untuk tinggal dirumah dan mengurangi kegiatan ditempat umum, tidak terkecuali dalam beribadah. Rabu (4/08/2021)

Khawatir terjadi penularan di tempat beribadah seperti masjid, mushallah, surau dan sejenisnya membuat beberapa pengurus masjid tidak mengadakan kegiatan shalat berjamaah seperti biasanya. Bukan tanpa alasan, para pengurus masjid atau DKM tidak ingin masjid menjadi klaster penularan Covid-19 bagi masyarakat.

Mulai dari pembersihan secara rutin setiap sudut masjid bahkan hingga menyemprotkan cairan disinfektan pasti sudah dilakukan DKM guna menjaga sterilisasi dan meminimalisir adanya virus atau bakteri yang mampu menjangkit para jama’ah. Bentuk ikhtiar tersebut tidak henti-hentinya dilakukan dan terus dikembangkan dalam berbagai inovasi proteksi.

Melihat ikhtiar yang dilakukan DKM dalam melindungi jama’ah saat beribadah, Dompet Dhuafa sebagai lembaga philantrophy tidak tinggal diam untuk meningkatkan proteksi di lingkungan masjid. Berkolaborasi dengan salah satu E-Commerce terbesar di Indonesia yaitu Tokopedia, Dompet Dhuafa mengajak masyarakat untuk berdonasi meningkatakan proteksi di fasilitas publik.

Donasi yang dikumpulkan melalui platform Tokopedia telah disalurkan dalam bentuk Pemasangan Lampu UV-C Batten di masjid serta majelis ta’lim yang sering menjadi tempat berkumpul masyarakat untuk beribadah dan menimba ilmu. Pemasangan lampu UV-C adalah bentuk inovasi disinfeksi pada permukaan yang dikhawatirkan terdapat drop plate virus Covid-19. Selain masjid dan majelis ta’lim, lampu UV-C juga akan dipasang dibeberapa Fasilitas Publik seperti taman baca masyarakat, kantor layanan dhuafa atau rumah singgah shelter sehati yang menangani kebutuhan para dhuafa.

“Melalui campaign ini kita harap menjadi suatu bentuk ikhtiar bagi kita semua untuk gotong royong dan saling meilindungi satu sama lain dimasa pandemi seperti sekarang ini. meningkatnya kasus harian beberapa waktu ini jelas memberikan kekhawatiran bagi kita semua untuk melakukan aktivitas serta beribadah, semoga dengan adanya pemasangan lampu UV-C ini para jama’ah menjadi lebih aman dan nyaman dalam melaksanakan ibdah dan aktivitas lainnya,” ucap PIC Digital Strategic Partnership, Hasairi Arnas.

Menurut studi yang dilakukan oleh American Journal of Infection Control (AJIC), menyebut sinar UV-C ampuh untuk membunuh SARS-CoV-2 pada permukaan. Disebutkan jika sinar ultraviolet ini ampuh untuk mengurangi jumlah virus corona yang masih hidup sebesar 99,7 persen hanya dalam 30 detik. Penggunaan alat ini juga tidak terlalu berbahaya bagi kulit dan mata dibandingkan jenis sinar UV-C lainnya.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, dalam kolaborasi ini Dompet Dhuafa dan Tokopedia turut menggandeng Philips UV-C Disinfection Lightning sebagai perusahaan terpercaya untuk mengadakan unit lampu UV-C yang akan dipasang dibeberapa Fasilitas Publik di wilayah Jabodetabek. Tidak hanya 199 unit lampu UV-C yang sudah terpasang, kolaborasi ini juga disalurkan dalam bentuk 29 unit UV-C Desklamp, dan 55 unit LED Sanitizer.

Beberapa lokasi seperti Masjid Al Ishlah dan Majelis Ta’lim Baitur Rahman, hingga Taman Baca Masyarakat di Kecamatan Parung, Bogor selesai dilakukan instalasi lampu UV-C dibantu oleh teknsi dari Philips pada Rabu (4/8/2021). Lampu tersebut langsung diuji coba guna memastikan optimalisasi saat digunakan nantinya. Selain itu teknisi juga menjelaskan cara penggunaan dari lampu tersebut kepada pengurus dilokasi pemasangan.

“Saya mewakili masyarakat RT 03 RW 03 Desa Parung terutama jama’ah Masjid Al Ishlah mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian dari Dompet Dhuafa dan Tokopedia yang sudah memasangkan alat disinfeksi ultraviolet ini. Terimakasih juga untuk para donatur, semoga apa yang kita lakukan mampu memerangi Covid-19 di Indoneisa,” ucap Nurdin selaku Ketua Lingkungan sekaligus Pengurus Masjid Al Ishlah.

Ditempat terpisah, Acep Surahmat selaku pimpinan Majelis Ta’lim dan Panti Asuhan Baitur Rahman sangat bersyukur dengan adanya program pemasangan lampu UV-C ini. Adanya pandemi Covid-19 membuat Acep khawatir dengan kesehatan para santrinya yang sedang menimba ilmu, dengan adanya lampu UV-C ini diharapkan mampu memberi rasa aman dan nyaman bagi para santrinya untuk belajar.

“Dengan adanya situasi pandemi Covid-19 yang belum kunjung hilang, jelas itu sangat mengkhawatirkan bagi anak-anak yang sedang belajar disini. Semoga dengan adanya pemasangan lampu UV-C menjadi ikhtiar bagi kita semua untuk mengakhiri cobaan pandemi Covid-19,” ujar Acep saat ditemui dikediamannya.

Selain itu, masjid diwilayah Tangerang Selatan juga menjadi lokasi pemasangan lampu UV-C seperti Majid Fatullah yang memiliki jama’ah dalam sekala yang cukup banyak setiap harinya. 14 lampu UV-C sudah terpasang sejak satu bulan lalu dan sudah beroprasi sebagaimana mestinya.

“Alhamdulillah ya, disini cukup banyak orang yang datang untuk beribadah dan dalam situasi pandemi seperti ini kita harus meningkatkan proteksinya juga. Pemasangan lampu UV-C ini sangat membantu untuk mengurangi resiko penyebaran virus di Masjid Fatullah,” jelas Heri Handoko selaku Sekteraris Kantor Masjid Fatullah.

Tidak berhenti sampai disana, selanjutnya Dompet Dhuafa dan Tokopedia akan terus menebarkan kebaikan dengan pemasangan lampu UV-C dilokasi-lokasi yang menjadi sektor esensial dan kritikal di wilayah Jabodetabek. Semoga apa yang dilakukan ini menjadi ikhtiar dan do’a untuk keluar dari pandemi Covid-19. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button