Kini, Persawahan Tabanan Punya Sumber Air Sendiri

JagatBisnis.com – Setelah puluhan tahun berstatus sawah tadah hujan atau sawah bersumber air dari guyuran hujan. Kini, persawahan di Tabanan, Bali memiliki sumber air atau pompa hindran sendiri. Pompa hidran itu dipasang di Desa Tanguntiti, Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Bali. Fasilitas air itu dibangun oleh Pangdam Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

“Masyarqkat diminta untuk menjaga sumber air yang dibangunnya itu. Diharapkan, pompa air ini bisa bermanfaat untuk semua orang. Oleh sebab itu, semua masyarakat harus ikut menjaga dan merawat pompa airnya,” kata Mayjen TNI Maruli usai peresmian pompa hidran tersebut di Tananan, Bali, Senin (11/10/2021).

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Koster menambahkan, adanya pompa hidran ini akan berdampak positif bagi masyarakat Desa Tanguntiti. Khususnya dalam sektor pertanian dalam mengatasi permasalahan air di Desa Tanguntiti, mengingat selama ini susah mendapatkan sumber air.

“Ini namanya negara hadir untuk rakyat yang nyata memecahkan masalah. Air sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita, terutama di Desa Tanguntiti. Karena anggarannya juga tidak banyak, Rp1 miliar. Saya rasa APBD mungkin Rp5 miliar saja cukup dan nanti banyak warga yang bisa merasakan manfaatnya,” pungkasnya. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button